Tips Solo Travelling Untuk Pemula

Tips Solo Travelling
Tips Solo Travelling

Banyak orang yang beranggapan travelling sendirian kaya orang yang engga punya teman atau engga ada kerjaan dan pastinya niat banget mau melakukan travelling sendirian.  Sebenernya travelling sendirian saat ini sudah tidak asing lagi bahkan sedang digemari oleh sebagian para travellers dan bahasa kerennya solo travelling. Untuk solo travelling ini sebenernya ada plus dan minusnya juga teman. Dan itu juga tergantung perspektif masing masing melihatnya.

Secara umum keuntungan solo travelling yaitu kita bebas melakukan dan merencanakan travel plan kita dan kegiatan apa saja yang ingin dilakukan tanpa ada diskusi dengan travelmate terlebih dahulu dan kerugiannya adalah kita engga ada teman mengobrol yang dekat selama perjalanan dan tidak bisa share cost selama perjalanan.

Untuk Solo Travelling Sendiri menurut gue harus lebih mempersiapkan diri. dimulai dari mempersiapkan mental dan budget tentunya. Tentu ada beberapa hal kecil juga yang perlu diperhatikan khususnya bagi loe yang ingin sekali melakukan solo travel ke suatu tempat.

Berikut Tips solo travelling untuk pemula.

Preparation - Solo Travelling
Preparation

Buat Perencanaan Terlebih Dahulu

Membuat perencanaan ketika ingin melakukan solo travelling adalah hal yang bijak. Disini loe bisa menimbang persiapan terlebih dahulu. Maka membuat itenary merupakan hal wajib dilakukan kalau loe ingin solo travel ke suatu tempat. Loe bisa mempersiapkan khususnya untuk budget selama perjalanan dari tiket pesawat, kereta hingga penginapan. Ngomong ngomong soal tiket  khususnya tiket kereta api biasanya kalau mau solo travel gue mencari beberapa tiket promo sebelum pemberangkatan biasanya gue check tiket kereta api di tokopedia karena biasanya disana terdapat banyak sekali promo dan diskonnya juga lumayan.

Jadi Membuat perencanaan merupakan hal yang sangat vital untuk solo travel. Karena jangan sampai kita kehabisan uang di tengah tengah perjalanan dan bingung selama perjalanan. Itu bisa menjadi liburan terburuk loe seumur hidup. So Always check your preparation !

Mental and Fisik - Solo Travelling
Mental and Fisik

Persiapkan Mental dan Fisik

Berangkat dalam keadaan prima bisa juga menjadi hal terbaik saat melakukan solo travelling. Karena loe akan melakukan perjalanan sendirian agak tidak lucu kalau loe sampai sakit di perjalanan karena kurangnya persiapan khususnya persiapan fisik. Membawa vitamin juga bisa membantu menjaga kebugaran tubuh selama perjalanan.

Dan selalu berpikir positif selama perjalanan. Banyak orang yang ingin melakukan solo travel tetapi selalu banyak alasan dan berpikiran negatif seperti bagaimana kalau diperjalanan gue dihipnotis orang lain. Bagaimana kalau dijalan gue ditodong orang jahat, ditusuk dan mayatnya dibuang dan tidak ditemukan. Dan banyak lain “bagaimana lainnya” yang semuanya berakhiran dengan negatif. Memang orang seperti ini sebaiknya tidak melakukan solo travel karena belum saja travelling sikapnya sudah tidak baik dan kalaupun tetap pergi dan menemukan masalah dan akan panik.

Sudah sepantasnya orang seperti ini tidak melakukan solo travel ya guys.

Buat gue sendiri pendapat “bagaimana bagaimana” ini akan gue ganti dengan pemikiran yang positif seperti bagaimana kalau gue mendapatkan teman baru yang mengasikan dan baik, bagaimana kalau gue mendapatkan kenalan cewe cantik dan sebagainya. Kalau loe berpikir positif selama perjalanan maka yang terjadi adalah hal hal positif juga dan itu semua sudah pernah terjadi sama gue. Dari mendapatkan penginapkan gratis hingga kenalan baru. TRUST ME IT WORKS and Stay Positif yaa

Perhatikan Hal Kecil - Solo Travelling
Perhatikan Hal Kecil

Persiapkan Hal Hal Kecil Sebelum Melakukan Perjalanan

Persiapkan hal hal kecil atau detail yang loe butuhkan seperti Pulsa atau paket data untuk mengupdate dan mengabari orang tua dirumah. Pastikan pulsa loe ada dan paket data cukup selama perjalanan. Sekarang beli pulsa engga pake ribet di tokopedia juga sekarang loe bisa beli pulsa murah jadi engga usah cape cape dateng ke counter untuk beli pulsa lagi.

Selain pulsa yang harus diperhatikan yaitu obat obatan pribadi. Ini jangan sampai ketinggalan yaa guys apalagi kalau obatnya engga ada di warung warung biasa. Jangan sampai selama perjalanan yang loe cari hanyalah obat obatan yang loe biasa minum. So jangan sampai ketinggalan yaa !

 

Ikuti Intuisimu. Maka Kamu Akan Selalu Mendapatkan Kejutan

Dandy Siswandy

6 thoughts on “Tips Solo Travelling Untuk Pemula

Leave a Reply