Situ Wanayasa – Pulau Misteri di Tengah Danau

Danau Wanayasa
Danau Wanayasa

Sore Menjelang saat gue tiba di situ wanayasa untuk nongkrong nongkrong santai. Setelah Seharian Berburu Curug atau air terjun di daerah subang. di situ wanayasa loe bisa jalan jalan santai sambil menikmati sepoy sepoy angin. ada beberapa kegiatan yang biasa dilakukan di situ wanayasa yaitu memancing, bermain bebek bebek goes (perahu) sambil keliling danau. atau bisa seperti gue yang hanya duduk manis di tempat makan lihat kanan kiri lihat neng geulis untuk di tergap #ehgimanadh #serigalaberbulubabi ???. maksudnya loe bisa makan di pinggir danau sambil menikmati panorama sekeliling danau wanayasa.

Danau atau yang lebih dikenal situ wanayasa oleh warga sekitar merupakan danau alam yang terletak di ketinggian 600 mdpl dengan udara yang sejuk di bawah gunung burangrang. yang membuat unik situ ini adalahnya adanya sebuah pulau di tengah tengah danau. di Pulau tersebut ada beberapa makam dan salah satunya adalah pendiri purwakarta dan juga merupakan bupati ke 9 karawang yaitu RA. Suriawinata. #antaraunikdanserem

Kemarin ketika gue kembali berjalan jalan santai di situ ini maksudnya mau mengajak teman gue untuk berkeliling dan jalan jalan menyebrangi ke pulau yang ada di tengah namun jembatan untuk menuju pulau tersebut sedang rusak atau memang sudah dilarang untuk ke pulau tersebut. dulu ketika gue kecil dan sedang mampir ke rumah saudara yang rumahnya tidak jauh dari situ wanayasa. saudara suka mewanti-wanti atau memperingatkan kalau jangan bermain di danau wanayasa terlalu dekat. karena setiap tahunnya entaah percaya atau tidak katanya selalu minta korban. biasanya tenggelam dan jasadnya tidak ditemukan. Jujur gue sih kurang percaya tapi gue menghormati cerita yang menyebar di sekitar warga yang tinggal di sekitar situ.

Danau Wanayasa
Situ Wanayasa

Mungkin cerita mistis kaya gitu karena ada kuburan di pulau tersebut yaa sehingga jadi misteri bagi warga sekitar. Situ wanayasa ini sendiri kedalaman dasarnya belum diketahui karena danau ini tidak pernah kering walaupun musim kemarau panas melanda. entaahlah yang jelas danau tersebut sekarang malah makin rame dan infrastrukturnya sudah sangat baik. sangat berbeda ketika pertama kali kesana dengan yang sekarang. sudah tertata lebih rapih dan bersih.

Untuk Masuk dan Berkeliling santai di situ wanayasa ini dikenakan Biaya tiket masuk sebesar Rp 2000./orang dan untuk parkir motor sebesar Rp 2000./motor.

Bagaimana Menuju Situ Wanayasa :

loe bisa lewat purwakarta lalu belok ke kiri dari kota Menuju Subang. dari kota purwakarta bisa ditempuh sekitar 1.5 sampai 2 jam.

10 thoughts on “Situ Wanayasa – Pulau Misteri di Tengah Danau

Leave a Reply