River Tubing Santirah Pangandaran – Salah satu rafting yang wajib dicoba

salah satu air terjun santirah

Beberapa bulan yang lalu gue pergi ke pangandaran untuk mencoba river tubing santirah pengandaran. Awalnya mau rafting langsung di green canyon namun karena perjalanan kali ini membawa keponakan sehingga rafting di green canyon pangandaran diurungkan niatnya karena terlalu panjang waktu dan tracknya.

Baca Juga : Rafting green canyon pangandaran

Perjalanan biasa dari Bekasi ke pangandaran sekitar 8-10 jam perjalanan tergantung rute yang dilewati dan tentunya kondisi perjalanan. Sesampainya kami di pangandaran kami langsung menginap di hotel yang sudah kami booking sebelumnya. tempatnyapun persis disebelah hotel yang dulu pernah kami inapi dulu. disana kita istirahat terlebih dahulu dan baru keesokan harinya kita bermain river tubing santirah

Pagi pagi kita sudah siap siap untuk berangkat ke tempat bermain river tubing santirah pangandaran yang tidak terlalu jauh dari pantai pangandaran ternyata. Hanya sekitar 15 menit dari pantai pangandaran kita sudah sampai di tempat river tubing santirah.

Kami sudah ditunggu oleh salah satu guide yang sudah membuat janji sebelumnya. Memang perjalanan ke tempat river tubing santirah ini melewati perkampungan yang agak dalam namun tetap seru karena adanya keponakan yang bawelnya minta ampun dan berlagak seperti para youtuber kalau di depan kamera. haha

Sesampainya disana kami mengganti baju serta menggenakan jaket pelampung dan di briefing oleh guidenya. Seperti apa yang harus dilakukan selama bermain river tubing ini dan pengarahan lainnya. River tube ini kurang lebih mengarungi sungai santirah menggunakan ban. waktu tempuhnya kurang lebih 2 jam perjalanan mengarungi sungai.

Lokasi river tubing santirah ini sudah lumayan lengkap fasilitasnya seperti toilet dan tempat makan. Dan biaya untuk bermain river tubing ini sekitar 100,000/orang sudah termasuk makan.

Setelah semuanya siap kamipun menaiki ban satu per satu mengarungi sungai dengan membuat barisan dan ditarik dari depan oleh guidenya. rasanya benar benar seperti rafting baik di citumang ataupun di green canyon suasana tenang, sejuk dan asri.

Baca juga : Loncat 10 meter rafting di citumang pangandaran

Kami melewati beberapa goa yang namanya hampir lupa semua gue. haha padahal setiap melewati goa guide kami selalu menceritakan nama dan cerita yang ada di masyarakat pengandaran. Yang seingat gue ada goa yang didalamnya ada air terjun bentuknya seperti kelamin wanita #yanginimalahinget #disambitsendal.

Kurang lebih ada 4 goa yang kami lewati dan yang paling gue suka ketika melewati beberapa air terjun. airnya sangat deras dan jernih pada saat itu. ada 5 air terjun yang kami lewati ketika river tubing santirah ini. Dan sebenarnya masing masing air terjunnya juga ada namanya namun lagi lagi gue lupa namanya. haha #bloggerreceh

Setelah setengah perjalanan kamipun menepi terlebih dahulu untuk membeli susu hangat dan gorengan yang udah mengigil kedingian (Asli gorengannya udah dingin anjiiir). Istirahat kamipun terbilang cukup sebentar kurang lebih hanya 10 menit

kamipun melanjutkan river tubingnya dengan melewati beberapa jeram. Dan terkadang harus melompat dari tempat tempat yang lebih tinggi untuk turun. Memang ada beberapa tempat yang sedikit sulit untuk dilewati karena adanya bebatuan yang besar sehingga beberapa kali kita harus melewati dengan berjalan kaki.

Di penghujung river tubing santirah ini menurut gue malah yang paling epic dan menegangkan karena seperti rafting di tempat lainnya. ada tempat untuk cliff diving yaitu melompat dari ketinggian langsung ke dalam air. Ketinggian ada 2 yang 3 meter dan juga 10 meter.

Dan awalnya gue mau langsung coba yang 10 meter men. Tapi ternyata kalau dilihat dari atas memang ngeri ngeri sedap gimana gitu. Dan sebagai pemanasan akhirnya gue turun di ketinggian 3 meter terlebih dahulu. Dan diketinggian 3 meter gue melompat sampai 2 kali karena sangking ketagihan sensasinya.

Karena berpikir udah tanggung ke santirah. Engga afdol rasanya kalau loe engga lompat yang tingginya 10 meter itu. Akhirnya karena gue orang yang pemberani dan gagah berani (padahal gemeteran) gue mencoba untuk melompat di ketinggian 10 meter. Daaaannnnn bener men rasanya kaaapoook mau lompat lagi. wkwkwkw but you must try it.

Leave a Reply