Perjalanan Backpacker ke Bali ? Cukup 150 Ribu saja !

backpacker ke Bali
Backpacker ke bali dengan jalur darat

Ke bali yuuk ? yang ada dipikiran setiap orang yang ke bali pasti memikirkan biaya untuk berlibur kesana pasti mahal ? jangankan berlibur kesana ? ngomongin untuk transportasi ke bali saja sudah bisa menghabiskan 1 juta lebih sekali berangkat. terus biaya selama berlibur bagaimana ? dan sebagainya ? berlibur ala backpacker ke bali adalah jawabannya ! ingat setiap ada niat dan action pasti ada jalan. karena hanya dengan niat hal yang diinginkan tidak akan terjadi tanpa adanya tindakan atau action. sama halnya dulu gue mau ke bali hanya niat saja namun ujung ujungnya tidak terealisasikan. akhirnya setelah lulus kuliah keinginan gue udah berpinjak di tanah denpasar, Bali terwujud dengan cara perjalanan darat dengan ala ala backpacker ke bali.

Bali memang sangat iconik di indonesia sebagai tempat wisata yang sangat menarik tidak hanya mengandalkan alam tetapi sosial dan budaya disana sangat amat menarik jadi tidak heran Bali tidak hanya di kenal di indonesia tapi di mata dunia sebagai destinasi wisata.

Membuat Perencanaan untuk ke Bali

Perencanaan gue ke bali ketika itu hampir memiliki waktu sekitar 4 bulan untuk mengumpulkan dana untuk pergi kesana dengan 4 orang sahabat dalam rangka merayakan kelulusan kami untuk gelar D3 kami. dan kebetulan kami mendapatkan wisuda di Bulan Desember 2014 jadi rencana kami sebelum wisuda kita melakukan perjalanan untuk perayaan kelulusan. dan Tujuan kami adalah Bali. gue pun mencari cari cara termurah untuk kita bisa mengunjungi pulau yang dikenal sebagai pulau dewata dengan membaca cerita perjalanan blogger lain dengan cara melakukan perjalanan melalui jalur darat adalah cara termurah untuk sampai ke bali walaupun memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan menggunakan jalur udara.

akhirnya gue memesan tiket untuk ke Stasiun Pasar Senen – Lempuyangan  Rp 50.000.-/orang (update 2016 Rp 74.000) dan Lempunyangan – Banyuwangi Baru Rp 50.000.-/orang (update 2016 Rp 94.000). Tiket sudah dipesan hanya tinggal mempersiapkan di hari H-nya saja apa saja yang harus di bawa.  namun ketika hari H ada berita yang sangat mengecewakan khususnya bagi gue dan aji karena 2 orang teman kami tidak bisa ikut dikarenakan orang tuanya tidak mengizinkan tapi usut punya usut ternyata teman kami tidak diizinkan karena mereka baru izin mau berangkat di hari H-nya dan meminta uang dari orang tua untuk berangkat ke bali. Jujur ini kejadian paling mengesalkan untuk gue tapi sekali lagi ini sudah menjadi hal biasa untuk para traveler apalagi yang suka jalan bersama-sama. seperti halnya gue mau ke tebing parang waktu itu. selalu ada saja kalau kita mau jalan bersama sama dan sudah berencana tapi di hari H-nya ada beberapa orang yang membatalkan ! ??? #abangsedihneng

Memulai Perjalanan ala backpacker ke Bali

akhirnya gue dan aji tetap berangkat karena gue berdua sudah mempersiapkan dengan matang matang selama perjalanan ke bali dengan membawa makanan selama di perjalanan. gue berangkat dari stasiun bekasi menuju stasiun pasar senen dan melanjutkan perjalanan dengan kereta bengawan mulai perjalanan dari jam 11:00 Am siang hingga jam 7:00 Pm sampai di stasiun lempuyangan

Backpacker ke Bali dengan biaya murah
Menunggu Kereta

disini memang perjalanan harus menggunakan 2 kereta alias kita transit terlebih dahulu ke Stasiun Lempuyangan dan dari lempunyangan kita naik kereta kembali menuju stasiun banyuwangi baru untuk alternatif lainnya kita bisa naik kereta dari Gambir – Surabaya dan Surabaya – Banyuwangi Baru namun untuk alternatif ini harganya jauh lebih mahal dan lebih baik menggunakan pesawat sekali sampai jika loe menggunakan alternatif kedua. karena perjalanan yang jauh dan memakan waktu yang lama sebaiknya ketika di kereta kita bersosialisasi ke penumpang yang lain basa basi apa kek yang intinya menghilangkan kejenuhan selama perjalanan dan membuat seru suasana. tapi buat gue selama perjalanan tidak ada kata jenuh mungkin karena sangking excitednya gue selalu menikmati selama perjalanan kemanapun gue pergi. ??? #akusenang #enjoyjourney

setelah hampir memakan waktu kurang lebih 8 jam perjalanan gue sampai di stasiun Lempuyangan sekitar pukul 8:30 Pm gue istirahat dengan aji di stasiun lempuyangan tidur sebentar sebelum akhirnya kita di bangunkan oleh petugas stasiun karena kereta terakhir dari stasiun lempuyangan sekitar jam 1 malam sudah berangkat dan area stasiun lempuyangan harus steril alias tidak ada yang di dalam stasiun lempuyangan. naah disini gue dan aji agak bingung mau mencari penginapan atau tidak karena kereta Sri tanjung yang menuju stasiun Banyuwangi Baru akan berangkat sekitar pukul 7:30 Pagi, bingung karena nyari penginapan akan waktunya akan sangat sebentar dan memakan biaya juga. dan Final Decision gue tidur di depan stasiun lempuyangan But wait yang cuma tidur bukan hanya kami berdua melainkan banyak backpacker yang ingin menuju surabaya, malang bahkan sama dengan tujuan kami ke banyuwangi baru. #newfriend #backpackerjourney

sudah tidur tidur ayam akhirnya gue terbangukan oleh suara panggilan untuk beribadah subuh dan segera kami menuju mushola untuk beribadah sholat subuh setelah sholat subuh stasiun lempuyangan pun sudah dibuka dan kita bergegas sarapan, cuci muka di stasiun dan mengganti pakaian untuk bersiap pemberangkatan ke Banyuwangi Baru waktu menujukan sekitar pukul 7:00 pagi kereta sri tanjung pun tiba di stasiun lempuyangan dengan suara khas kereta tut…tut…gujes…gujes… dengan wajah yang masih membutuhkan kasih sayang ke alam mimpi gue mencari nomer tempat duduk tiket kami. believe or not ketika sudah di tempat duduk gue dan aji seketika langsung pergi ke alam bawah sadar #bilangajamolor ???

backpacker ke bali menggunakan kereta
Lantunan Musik dan sebotol minuman

terpuaskan dengan tidur di kereta gue pun mendengarkan lagu lagu agar membuat perjalanan kami semakin buanyaak cerita. disini si aji membawa speaker wifi sehingga seperti kereta rasa kamar sendiri *duet ala sinta dan jojo* #najis ?????

Perjalanan dari Stasiun Lempuyangan Menuju Stasiun Banyuwangi Baru membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 14 jam perjalanan dimulai perjalanan pukul 7:30 pagi sampai disana pukul 9:00 malam. selama dalam perjalanan menuju stasiun banyuwangi baru pemandangannya sawah dan lorong lorong gelap selalu ditemui pertemuan dan obrolan dengan orang orang disekitar sangat hangat dan tidak bisa dihindarkan karena memang untuk melepas jenuh serta makan dan minuman silih berganti selama perjalanan membuat cerita yang sangat berarti di benak gue dan tentu menjadi pengalaman yang sangat amat mengenang. hampir 14 jam waktu sudah berlalu dan kereta sri sudah berlabuh di stasiun banyuwangi baru dan ada banyak sekali tukang becak dan ojek yang menawarkan jasa mereka untuk mengantarkan kita namun untuk kami yang hanya mau backpacker ke bali bisa dengan berjalan menuju Pelabuhan ketapang yang bisa ditempuh dari stasiun banyuwangi sekitar 1 Km.

ketapang backpacker ke bali
Menuju Pelabuhan ketapang
pelabuhan ketapang backpacker ke bali
Pelabuhan Ketapang

karena ini merupakan perjalanan backpacker ke bali untuk pertama kalinya gue dan aji buru buru untuk naik kapal di pelabuhan ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk dan dikenakan biaya sebesar Rp 8.000.-/orang perjalanan dari pelabuhan ketapang ke gilimanuk memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan dilaut menggunakan kapal Feri tapi gue sarankan lebih baik menginap di masjid depan pelabuhan ketapang yang menyediakan tempat untuk para backpacker ke bali untuk istirahat dan pagi harinya baru loe bisa melanjutkan perjalanan menuju bali

backpacker ke bali ke galimanuk
dari pelabuhan ketapang menuju Gilimanuk

Tips : bagi para backpacker yang mau menuju bali harus membawa KTP atau identitas lainnya karena akan ada pemeriksaan di pelabuhan.

di pelabuhan ketapang ini seharusnya pemandangan sangat indah jika di pagi sampe sore hari karena ada pemandangan 3 gunung yang terlihat. sudah sampai ke pelabuhan ketapang gue dan ajipun naik bus menuju terminal mengwi dengan tarif tiket sebesar 35 ribu dan ketika baru ditengah perjalanan sang kernek bilang kalo mau sampe terminal ubud nambah Rp 5000.-/orang jadi kebetulan langsung nambah aja deh. dari terminal Gilimanuk menuju terminal ubud memakan waktu sekitar 4 jam perjalanan di sepanjang perjalanan waktu itu gue serasa naik mobil di Film Death Race ini sumpah karena sopirnya GILA habis ngebut terus sampe sampe beberapa kali hampir ke tabrak. berniat mau turunpun tidak bisa karena kondisi jalan yang sangat amat gelap dan rumah rumah yang jauh membuat gue dan aji hanya bisa berdoa sampe tujuan dengan selamat. ketika sampe gue langsung mengucapkan syukur atas perlindungannya #langsungingetallah #bersyukur #thanksgod

and Finally here we go Welcome to Bali. Sampai di terminal Ubud seperti hanya angin malam dan lalu lalang beberapa kendaraan saja yang menyambut kami. kamipun agak bingung bagaimana caranya menuju pantai kuta sampai akhirnya kami ditawarkan oleh seorang Beli (paman) dengan mencharter mobil menuju kuta tempat penginapan kami. lelah dan kantukpun mendera kami di perjalanan sampai akhirnya kami menemukan tempat penginapan kami di lostmen arthawan.

Note :

Sebenernya ketika loe sudah menyebrang ke pelabuhan gilimanuk sudah termasuk bali dan namun jelas gilimanuk bukan tujuan bagi loe yang mau berlibur ke bali. 

Tantanganlah diri kalian untuk melakukan
hal hal baru untuk mendapatkan kebahagian

Dandy Siswandy

52 thoughts on “Perjalanan Backpacker ke Bali ? Cukup 150 Ribu saja !

  • May 29, 2016 at 5:27 am
    Permalink

    perjalanan yang nekat juga ya mas, saya belum berani untuk yang seperti inii tapi kepingin nyoba 🙂

    Reply
    • May 30, 2016 at 4:16 pm
      Permalink

      coba dong… kalo bareng pacar pasti akan diingat sepanjang masa pengalamannya. hhaha

      Reply
    • June 13, 2016 at 1:51 pm
      Permalink

      hahaha….asalkan niat pasti bisa tapi engga tahu kenapa malah nagih. hhe

      Reply
  • August 7, 2016 at 5:44 am
    Permalink

    Gan gua tanggal 20 bulan ini ber 3 doang dari bekasi, gua juga pengen ngerasain nginep dekat st.lempuyangan

    Reply
    • August 7, 2016 at 3:33 pm
      Permalink

      kalau mau penginapan murah di belakang malioboro mas bro… itu dimulai dari 50rb sampai 300rb ada.

      Reply
  • August 18, 2016 at 9:04 am
    Permalink

    Dari dulu saya pengen coba backpacker ke Bali jalur darat, krn jalur udara terlalu mainstream.. Hehe.. Saya ada rencana tgl 9 Sept 2016 dari Bandung ke Lempuyangan. Ada yg rencana pergi ke Bali tgl 10 Sept pagi dr Jogja? Tks

    Reply
    • September 15, 2016 at 10:26 am
      Permalink

      Gan oktober aja barengan 8891012079 no saya saya juga pengen tapi gaada temen

      Reply
  • August 24, 2016 at 1:21 am
    Permalink

    saya baru saja ke Bali dari Jogja 13 agustus 2016 kemaren. nginep disana 3 hari 2 malam. total pengeluaran seluruhnya nggak nyampe 700rb.

    Reply
  • September 1, 2016 at 10:58 pm
    Permalink

    Pengen banget deh backpacker kaya gitu, tapi suka gak di ijinin sam si mamah,,,

    Reply
    • September 2, 2016 at 4:19 pm
      Permalink

      izin dari orang tahu wajib hukumnya bagi gue. karena restu orang tua selalu yang utama #loh?

      Reply
  • September 5, 2016 at 4:13 pm
    Permalink

    Saya pun ada rencana ingin liburan ke Bali dari Medan.
    Namun dikarenakan waktu cuti yang terbatas tidak bisa berlama2 menikmati perjalan darat.
    Overall,ceritanya menarik dan menginspirasi untuk segera ke Bali

    Reply
    • September 6, 2016 at 2:03 am
      Permalink

      iyaa kak. kalo terbentur waktu mending cari yang efektif aja.

      terima kasih ?????

      Reply
  • October 4, 2016 at 3:13 pm
    Permalink

    Mau nanya kalo dari pelabuhan harus ke ubud dulu kah dan baru ke denpasar naik bis? Apakah ada dari pelabuhan dari langsung ke denpasar bali? Dan nama bis nya apa yah kalo boleh tau? Saya ada rencana oktober ini. Trims mas sebelumnya

    Reply
    • October 4, 2016 at 4:08 pm
      Permalink

      kalo dari pelabuhan banyak mobil yang menuju bali. biayanya sekitar 35ribu. untuk bus semua menuju terminal mengwi kalo engga salah dan kalo mau lanjut ke terminal kota gue nambah 5ribu waktu itu

      Reply
    • October 6, 2016 at 12:21 pm
      Permalink

      Kpan gan Oktober nya saya tgl 10 dari bdg barang kali bisa bareng

      Reply
  • October 13, 2016 at 5:16 pm
    Permalink

    Pengen juga backpacker ksana, udah lama pengen tp blom ada temen yang bisa diajakin ksana bareng

    Reply
  • October 15, 2016 at 12:55 pm
    Permalink

    Pengen banget nyoba tapi gak ada temnnya udah gtu cuti cma 3 hari cukup gak ya?dari jakarta ke bali

    Reply
    • October 15, 2016 at 11:32 pm
      Permalink

      waaah kalo kerja mending cari yang lebih efisience mas. soalnya waktunya lebih lama

      Reply
  • October 17, 2016 at 7:37 am
    Permalink

    Ayo kapan lah ksana bareng, asal jangan pas musim liburan dan hari besar

    Reply
  • November 17, 2016 at 9:20 am
    Permalink

    Gan,itu kan di pelabuhan ad pemeriksaan ya … KTP ane bloman jd ini,, pke identitas lain kira2 bisa gk ya 🙁 ?? Btuh pencerahan ..

    28 Desember bsok mau coba ke Bali ala backpacker ni :V skalian tahun baruan dsna :V

    Reply
    • November 17, 2016 at 11:51 am
      Permalink

      bisa kok mas broo.. kartu pelajar ataupun sim… yang penting ada dan dibawa… selamat menikmati perjalanannya ???

      Reply
  • November 22, 2016 at 6:10 pm
    Permalink

    mau tanya om? kira-kira budget yang om bawa waktu itu berapa yah total keselurahan pp, penginapan, makan, dll ? minta info buat planning 😀 tq

    Reply
  • November 28, 2016 at 1:45 pm
    Permalink

    Halo tmn2, sy ada rencana backpacker ke bali akhir blan januari ’17, mgkn ada tmn2 yg mw ikut?
    Sy brgkt naek kereta dr jkt-malang trus lnjut malang-banyuwangi.

    Reply
  • December 3, 2016 at 3:02 am
    Permalink

    Mas ,kan udah sampe pelabuhan ketapang nih,trus makan waktu 1jam . itu kita sampe dimana kapal feri nya ? Dan waktu itu mas total nya berapa hati ya pulang pergi ?

    Reply
    • December 3, 2016 at 4:28 am
      Permalink

      itu sampe di pelabuhan gilimanuk…. waktu itu habis sekitar 1.2 4 hari disana sama 3 hari di jalan…

      Reply
  • January 17, 2017 at 5:25 am
    Permalink

    jadi penasaran pengen nyoba … buat yg di jkrt join donk hehe berhubung temen2 gw pada gada yg mau di ajak backpack hhhhhh

    Reply
  • January 26, 2017 at 1:58 pm
    Permalink

    Trima kasi kak ,maanfaat bgt infonyaaa,saya mao nyoba bulan april,ada yg mau join bacpackeran bareng?

    Reply
  • January 28, 2017 at 10:29 pm
    Permalink

    Ane mau berangkat tanggal 5 februari besok berdua. Bismillah mau cobain kaya agan. Kalo ada yg mau join kontak ane 089694964264, ane cuma berdua

    Reply
  • February 4, 2017 at 3:45 pm
    Permalink

    Ikutan donkk
    Seruu niee

    Reply
  • February 17, 2017 at 3:53 am
    Permalink

    Pengen banget deh.. biasanya gue lebih suka pakai motor ?? lebih hemat berhubung gue uda punya momongan??jadi gak bisa kmana2??

    Reply
  • February 18, 2017 at 2:01 am
    Permalink

    Semoga gak bingung waktu disana nya , aku dr bjm-surabaya-bali , insyaALLAH tgl 4 maret berangkat .

    Reply
  • March 11, 2017 at 4:05 pm
    Permalink

    Saya juga berencana ingin kesana sekalian singgah di lombok, sumbawa dan flores. In sya Allah pertengahan agustus sampai awal september. Baru berencana sendirian, belum ada yang mau diajak jalan gila hehe
    Siapa tau ada yang mau ikut rencana saya? Waaah boleh banget itu, bisa sharing cost bareng lumayan biar irit hehe

    Kalo ada yang minat sama rencana gila ini bisa hubungin lewat email ya handayaniisusy@gmail.com

    Big thanks tulisannya, bermanfaat banget hehe malah saya tulis rencana saya ini. Makasiiih kaka :))

    Reply

Leave a Reply