Pendakian Semeru Menggapai Puncak Tertinggi Pulau Jawa

Pendakian Semeru - Gunung Semeru
Gunung Semeru

Semeru merupakan salah satu gunung 7 summit indonesia dan sudah sangat terkenal dikalangan pendaki khususnya. ditambah lagi dengan masuknya gunung semeru untuk aktifitas shooting film 5cm yang membuat orang orang semakin penasaran untuk menjelajah gunung semeru karena keindahan yang disajikan disana. Seperti semua orang berlomba lomba ingin merasakan pendakian semeru yang merupakan gunung tertinggi di pulau jawa.

Tanggal 2 september 2017 menjadi awal cerita perjalanan gue menuju gunung semeru dan ingin merasakan pendakian semeru yang katanya mempunyai tantangan dan keunikan tersendiri disana. Gue berangkat dari jakarta bersama 6 orang lainnnya dan ada 1 orang lagi yang naik dari stasiun solo untuk bersama sama ke stasiun malang.

Pendakian Semeru - Pemberangkatan dari satasiun senen
Pemberangkatan

Dari stasiun pasar senen gue naik kereta mataremaja ekonomi AC yang biaya tiketnya dikenakan sebesar 109.000/orang. berangkat dari stasiun senen dari jam 3 sore menuju stasiun malang yang memakan waktu kurang lebih 16 jam perjalanan. Kebayangkan naik kereta selama 16 jam !

Dari loe pertama kali naik kereta jadi rock n roll sampe loe loyo diatas kereta men. Semuanya tersaji disana ­čśé! itu juga┬ámengingatkan gue memori perjalanan gue dari jakarta menuju bali naik kereta alias backpackeran kesana.

Singkat cerita kami sampai di stasiun malang sekitar pukul 8 pagi dan rupanya kami sudah disambut oleh mas eko salah satu temannya rombongan kami. dia orangnya sangat baik, kita sudah disediakan nasi bungkus lengkap dengan lauk pauknya. Dengan segera kita makan nasi bungkus yang sudah disediakan oleh mas eko sambil mendengarkan cerita mas ari (salah satu rombongan kami) dan mas eko kala dulu yang merupakan pendaki berpengalaman.

Pendakian Semeru - Depan Stasiun Malang
Depan Stasiun Malang

Yang paling menarik tentu cerita mas eko ketika menggapai puncak gunung salak seorang diri dan tanpa perlengkapan yang memumpuni hingga cerita selama perjalanan menuju puncak salak yang seperti diteriaki oleh makhluk gaib. Ceritanya sangat menarik tapi alangkah baiknya tidak ditiru.

Sesudah makan dan beristirahat sebentar kami langsung berangkat ke pasar tumpang untuk membeli persiapan logistik sebelum pendakian semeru. kami semua naik angkutan umum yang sudah dicharter sebelumnya. untuk ongkos charter angkutan umum menuju pasar tumpang sekitar 125.000/mobil dan memakan waktu perjalanan kurang lebih 45 menit ke pasar tumpang.

Pendakian Semeru - Rumah Pak Rus
Rumah Pak Rus

di pasar tumpang kami singgah di rumah Pak Rus untuk membersihkan badan dan packing ulang peralatan pendakian hingga membelanja logistik. Rumah Pak Rus ini sudah sangat terkenal dikalangan komunitas pendaki terlebih yang ingin melakukan pendakian ke gunung semeru. Pak Rus khususnya anaknya menyediakan jasa seperti jeep atau truk untuk menuju ranupane yang merupakan basecamp awal sebelum pendakian semeru.

Setelah dirasa semua persiapan cukup kami mengejar waktu langsung menuju ranupane dengan menggunakan truk terbuka. perjalanan dari pasar tumpang menuju ranupane memakan waktu sekitar 1.5 jam dengan trek yang terus menanjak namun dengan suguhan pemandangan yang indah ketika sudah memasuki kawasan taman nasional gunung bromo dan semeru.

Pendakian Semeru - Menuju Ranupane
Menuju Ranupane dari pasar tumpang

Kami sampai di basecamp ranupane sekitar pukul 1 siang dan langsung mendaftarkan rombongan kami untuk melakukan pendakian dan mengikuti briefing atau kuliah singkat tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama pendakian gunung semeru.

Yang lucu saat briefing orang yang menjelaskan sangat amat hafal dengan nama nama latin macan tutul, tanaman lavender dan banyak lagi dan paling parahnya dia ngucapin berulang ulang kali dengan nama latin itu yang sebenernya engga penting disebutkan nama latinnya. Hingga menjadi bahan lelucon kami saat keluar dari briefing.

Siapa yang hafal nama latin macan tutul ? tanya gue.

jawabannya bervariasi mulai.

“Pantera Kardus”

“Pantera kubisikus”

“Pantera dimiskus”

“Pantera sukatikus” dan macam macamlah pokoknya.

kenapa engga bilang aja. di sore hari di area ini ada sering ada macan tutul lewat juga. lah ini engga dia selalu menjelaskan hati hati kalau di area ini sering ada pantera kardus atau macan tutul lewat. dan area ini juga suka lewat pantera kardus atau macan tutul lewat. setelah mendengarkan briefing itu gue jadi belajar tentang semua bahasa latin ! #Damn #pusingkepala­čśé

Pengecekan dari mulai surat kesehatan dan peralatan pendakian sesuai standart merupakan hal wajib yang harus dipenuhi sebelum pendakian semeru. Kalau salah satu tidak ada sebaiknya dipersiapkan ketika masih dimalang atau pasar tumpang. karena di sekitar ranupane tidak ada yang bisa membuat surat kesehatan tapi untuk penyewaan alat pendakian yang kurang ada disana.

Pendakian Semeru - Memulai Pendakian Semeru
Memulai Pendakian Semeru

Memulai Pendakian Semeru – Ranupane

Kami memulai pendakian dari ranupane sekitar pukul 3 sore dengan trek yang sedikit menanjak namun banyak juga jalan landainya. Untuk sampai ke Pos 1 kami sampai cuma sekitar 1 jam dan disetiap pos selalu ada pedagang yang menjajakan dagangannya dari gorengan hingga semangka dengan harga Flat kaya parkiran stasiun bekasi seharga 2.500/potong

Tentu harga segitu masih tergolong murah dibandingkan loe bawa bawa semangka dari bawah ! Mau coba ? semoga engga semaput diperjalanan !

Pendakian Semeru - Bang mamat di jembatan merah
Jembatan Merah

Dari pos 1 menuju pos 2 perjalananan sudah sedikit menanjak dan memakan waktu kurang lebih 1 jam pendakian juga. pemandangan dari pos 2 sudah mulai terlihat indah dengan awan yang menyelimuti pohon dari kejauhan dan kemudian kita melewati jembatan merah. tidak lama dari jembatan merah kita berhenti lagi di pos 2 untuk beristirahat dan tentunya jajan lagi.

Dari pos 2 menuju pos 3 jalannya mulai menanjak lagi dan perjalanan memakan waktu hingga 1 jam lebih. di pos 3 kami beristirahat lagi dan tentunya semangka lagi. Pokoknya setiap pos gue selalu beli semangka dan rasanya surga banget kalau lagi mendaki saat itu. haha

Dari Pos 3 menuju ranu kumbolo treknya terbilang mudah karena hanya naik 2-3 kali tanjakan setelah itu treknya menurun hingga ranu kumbolo. lama perjalananpun terbilang sama pos per pos hingga ranu kumbolo memakan waktu 1 jam setiap posnya.

Pendakian Semeru - Kabut Ranu Kumbolo
Kabut Di Ranu Kumbolo

Kami sampai di ranu kumbolo sekitar pukul 6.30 malam dan langsung mendirikan tenda. Jujur saat itu sampai di ranu kumbolo badan gue langsung kedinginan karena memang di ranu kumbolo tempatnya sangat dingin. Semua terlihat gelap dan berkabut saat itu dan tidak terlihat keindahan ranu kumbolo sama sekali. Kami pun bermalam di ranu kumbolo untuk beristirahat dan memulihkan tenaga untuk keesokan harinya melanjutkan perjalanan menuju kalimati.

Pendakian Semeru - Danau Ranu Kumbolo
Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo – Danau Purbakala Nan Cantik

Pukul Menunjukan jam 5 pagi gue mencoba keluar dari tenda untuk melihat danau ranu kumbolo yang sudah mendunia kecantikannya namun sayang matahari masih diselimuti oleh kabut yang masih enggan untuk pergi saat itu. Semua pandangan hanya terlihat berbayang dan putih.

Bayangan dibenak gue untuk melihat sunrise dari ranu kumbolo pun sudah sirna karena waktu sudah menunjukan pukul 6.30 dan kabut masih terlihat sangat tebal. Baru hingga pukul 8 pagi  seluruh keindahan ranu kumbolo terlihat. semua terlihat jelas mulai dari beningnya air danau ranu kumbolo hingga 2 bukit yang terlihat jelas dari depan danau purbakala ini.

Pendakian Semeru - Danau Ranu Kumbolo-1
Bersih Dan Suci

Melihat danau yang berada diketinggian kurang lebih 2000 Mdpl tentunya mengingatkan gue juga tentang danau sagara anak yang berada di gunung rinjani. Tentu gue sangat suka kedua danau ini. Sama sama memiliki keindahannya yang sempurna. Tenang, Indah, Dan Sunyi. all angle is perfect here.

Danau ranu kumbolo merupakan danau purbakala yang sudah ada ratusan tahun lalu yang memiliki luas sekitar 15 hektar dan diketinggian 2400mdpl di gunung semeru. Di danau ranu kumbolo ini juga merupakan danau yang dianggap suci bagi adat tengger. Di danau ini loe dilarang berenang atapun mencuci peralatan camp karena akan merusak dan mencemarkan isi danau.

Mungkin ada yang bertanya tapi kok di Film 5cm pemerannya mereka berenang disana. Yaaps mereka memang berenang disana tapi hanya untuk kebutuhan shooting saja dan memang berdasarkan informasi yang gue dapat dari beberapa komunitas yang berada dimalang yang sudah sering mendaki semeru bahkan sebelum film 5cm dirilis.

Pendakian Semeru - Danau Ranu Kumbolo-2
Menikmati Indahnya Ranu Kumbolo

Di danau ranu kumbolo dahulu sering banyak pendaki yang berenang disana namun tanah dasar danau ranu kumbolo sangat lembek dan bisa seperti menghisap ke bawah maka dari itu setelah perilisan film 5cm diadakan aturan pada seluruh pendaki gunung semeru untuk dilarang melakukan aktifitas berenang dan mencemarkan danau ranu kumbolo yang tujuannya tentu selain menjaga kebersihan dan tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan di dekat danau ranu kumbolo. Dan ingat yaa ada SANKSI TEGAS bagi yang melanggar aturan di danau semeru ini.

Well. Sementara sebagian pada masak sebagian lagi termasuk gue tentu mengabadikan beberapa moment di danau ranu kumbolo. Semua sudut bisa dinikmati di danau ranu kumbolo dari danaunya, bukitnya hingga tanjakan cintanya. Semua terlihat sempurna seperti senyummu yang selalu terlihat sempurna dimataku #Yaakaliiiiii #gagalfokus

Pendakian Semeru - Tanjakan Cinta
Tanjakan Cinta

Menuju Camp Terakhir Kalimati

Matahari sudah mulai menghangatkan saat itu kami pun bergegas untuk melanjutkan pendakian ke kalimati yang merupakan camp terakhir di gunung semeru. Dari ranu kumbolo kami sudah dihadang dengan trek menanjak yang sudah sangat terkenal yaitu tanjakan cinta.

Konon mitosnya jika seseorang melewati tanjakan cinta tanpa harus menengok kebelakang dan sambil memikirkan seseorang yang kita sukai sampai ke atas bukit cinta kelak seseorang tersebut akan menjadi pendamping hidup kita.

Untungnya kemarin gue berhasil dengan misi tersebut. haha

Pendakian Semeru - Oro Oro Ombo
Oro Oro Ombo

Setelah melewati tanjakan cinta kita sudah sampai di oro oro ombo. Oro oro ombo ini sangat luas membentang dan dipenuhi bunga yang berwarna ungu yang disebut dalam bahasa latin verbena braziliensis. Tapi sayangnya saat itu bunga verbena tersebut sedang mengering semua dan mati. Kami tidak turun melewati oro oro rombo secara langsung namun kami melipir kesamping dibukitnya hingga sampai di pos cemoro kandang.

Pos Cemoro kandang
Bersantai dengan Hammock

Disana ada juga penjual yang menjajakan semangka dan gorengannya. kami hanya beristirahat sebentar dan langsung melanjutkan kembali perjalanan menuju jambangan. Dari cemoro kandang ke jambangan treknya cukup melelahkan karena terus menanjak dan memakan waktu kurang lebih 2-3 jam pendakian. Sampai di jambangan kita sudah bisa melihat gunung semeru dari kejauhan yang berdiri dengan gagahnya.

di jambangan kami beristirahat kurang lebih 15 menit dan kita bisa menemui penjual makanan seperti penjual lainnya di pos pos sebelumnya. sebelum akhirnya kita melanjutkan perjalanan menuju kalimati.

Pendakian Semeru - Eldewis Kalimati
Eldewis Menyambut dikalimati

Kalimati

Kalimati merupakan camp terakhir sebelum menuju puncak gunung semeru. Disana terdapat banyak sekali bunga abadi eldewis yang cantik dengan pemandangan langsung ke puncak gunung semeru.

Di kalimati kami mendirikan tenda dan langsung bergegas mengambil air di sumber mani karena berdasarkan informasi dari briefing pendakian semeru. Mengambil air di sumber mani di kalimati tidak disarankan dimalam hari karena dikhawatirkan akan berpapasan dengan binatang buas seperti macan tutul dan lain lainnya. Menuju sumber mani pun lumayan cukup jauh dengan trek yang menurun, kecil dan licin serta memakan waktu kurang lebih 15 menit.

Pendakian Semeru - Memasak di Kalimati
Memasak sambil bersenda gurau

Sambil masak sambil bercanda itulah yang dilakukan kami setelah semua tenda sudah selesai didirikan. Mendengarkan cerita dari setiap orang terutama mas robie (salah satu rombongan kami) yang ceritanya selalu tentang lawu dan merbabu. Sampai sampai yang lainnya pada bosen mendengarkannya dia cerita menyebutkan lawu dan merbabu secara terus menerus. haha

Hari sudah mulai gelap dan udara dingin mulai menyapa saat itu. kamipun harus beristirahat untuk persiapan menggapai puncak semeru. Karena tenda mas robi ditinggalkan di ranu kumbolo akhirnya kami jempet jempetan(berdesak-desakan) di dalam tenda yang seharusnya muat hanya untuk 4 orang saat itu tenda kami diisi dengan 6 orang. sementara tenda satunya lagi diisi dengan 3 orang yang seharusnya tenda hanya muat untuk 2 orang saja.

Pendakian Semeru - Menuju Puncak
Menuju Puncak Semeru

Menggapai Puncak Semeru

Pukul 11.30 malam gue dibangunkan oleh bang mamat (salah satu rombongan kami ) yang sudah membuka tenda kami dan memberitahukan untuk persiapan summit attack ke puncak semeru. kamipun bergegas untuk bersiap menggapai puncak tertinggi pulau jawa yaitu puncak semeru.

Persiapan seperti jaket waterprof, sarung tangan tebal dan headlamp menjadi hal utama yang harus dikenakan. sementara masing masing membawa air minum dan snack secukupnya agar ketika ditengah jalan terpisah masing masing bisa makan dan minum tanpa perlu menunggu teman saat semua sedang melakukan summit.

Setelah hampir setengah jam melakukan persiapan akhirnya kami semua bersiap meninggalkan camp terakhir untuk menuju puncak. Awal trek menuju puncak semeru masih terbilang mudah karena masih melewati tanah dan akar akar pohon yang masih terbilang padat area tersebut masih di area arcopodo. Hingga akhirnya kami melewati batas vegetasi dimana tidak ada satu tumbuhan pun disana dan trek pendakian semeru mulai berpasir.

Pendakian Semeru - Menuju Puncak Semeru

Selama pendakian ke puncak semeru gue melihat beberapa batu in Memoriam yang bertuliskan nama pendaki yang gugur saat pendakian ke puncak gunung semeru. Memang di gunung semeru ini sudah ada beberapa korban pendaki yang kehilangan nyawanya. entah karena sakit, kedinginan hingga terkena batu saat menuju puncak.

Trek berpasir sangatlah menyebalkan menurut gue karena langkah kaki kita selalu terperosot terus menerus. 2 kali Melangkah terperosot 1 langkah. itu terjadi terus menerus hingga puncak. berbagai trik sudah gue coba dari mulai jalan zigzag, menapakan kaki secara miring, hingga mengikuti jejak tapak kaki orang yang sudah naik terlebih dahulu dan semua berakhir sia sia. gue tetap aja melangkah dan terperosot terus menerus.

Walaupun sudah pernah merasakan pendakian berpasir menggapai puncak rinjani tahun lalu tapi tetap saja trek berpasir selalu mempunyai tantangan lebih buat gue. Sebenernya kuncinya cuma 2 yaitu SABAR dan TERUS MELANGKAH PERLAHAN.

Pendakian Semeru - Trek Berpasir Semeru
Trek Berpasir Puncak Sumeru

Jangan terlalu terburu buru jika memang fisikmu tidak kuat. Yang kemarin gue lakukan dengan tidak terburu buru sambil terus melangkah agar badan gue selalu hangat dan tidak kedinginan. karena jika loe terlalu lama diam udara dingin akan segera menggerayangi seluruh tubuh loe so alangkah baiknya untuk tetap bergerak namun perlahan lahan saja.

Kendala selama pendakian semeru menuju puncaknya banyak banget buat gue dari yang mau boker, perut keroncongan, sampe asam lambung gue naik dan seperti ingin muntah dan sialnya gue engga bawa obat obatan maag yang tertinggal di carrier kalimati. Tapi gue tetap terus berusaha dan terus bergerak hingga akhirnya menggapai puncak semeru.

Puncak Semeru Bersama
Puncak Semeru Bersama

 

Pendakian Semeru - Puncak Semeru
Merah Putih Selalu Berkibar Di Puncak Semeru

Bentangan ombak samudra awan begitu kental terlihat dari atas puncak tertinggi di pulau jawa ini. berbagai gunung juga terlihat jelas seperti gunung bromo dan gunung gunung lainnya yang berada disekitar lumajang. aaah sungguh pemandangan yang luar biasanya. karena baru disini gue melihat gulungan samudra awan yang begitu indah.

di Puncak Semeru loe bisa melihat 2 hingga 3 bendera merah putih yang memang senggaja tancapkan dan dikibarkan di puncak semeru. sehingga para pendaki yang menggapai puncak bisa mengabadikan sebagai sebuah foto. dan sekitar 30 menit sekali kawah gunung semeru menyemburkan asapnya. Asap tersebut sangat beracun namun para pendaki masih akan tetap aman jika menggapai puncak kurang dari jam 10 pagi. karena setelah jam 10 pagi arah angin akan berbalik ke arah pendaki yang membuat asap bisa terhirup dan membahayakan para pendaki semeru.

Pendakian Semeru - Samdra awan Puncak Semeru
Puncak Semeru !

 

Pendakian Semeru - Asap Beracun Semeru
Asap Beracun Kawah Semeru

Puas menikmati keindahan dari puncak semeru. kami bergegas untuk turun. seperti biasa menuruni gunung berpasir sangatlah amat mudah dan hampir tidak memerlukan tenaga yang extra serta waktunya pun akan sangat lebih cepat. bayangin aja gue naik dari kalimati hingga puncak semeru memerlukan waktu 5-7 jam baru menuju puncak. lalu turunnya hanya membutuhkan 1 jam. sangat berbanding terbalik kan tapi memang itu kenyataannya.

Menuruni Puncak Semeru

Yang perlu diperhatikan ketika turun dari puncak gunung semeru agar tidak menggambil jalan terlalu kanan karena bisa menyebabkan loe jatuh ke Blank_75. blank 75 itu merupakan jurang berpasir yang sudah banyak juga pendaki yang terjatuh disana.

ada kejadian gue terpisah oleh rombongan gue karena gue melewati jalur yang hanya diketahui porter semeru saja. Untungnya ketika berpisah gue bertemu oleh pendaki lainnya yang ternyata salah satunya temannya sedang terkena cedera engkel ketika ingin summit. Dan sebenernya jalur gue bisa menjadi jalur tercepat menggapai kalimati kalau dari puncak semeru. Teman teman gue sudah sempat khawatir gue tersesat ataupun masuk ke jurang blank 75 hingga akhirnya gue muncul bersama rombongan tersebut. dan menghilangkan kekhawatiran rombongan gue.

Selalu ada cerita dari setiap pendakian

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply