Pantai Batu Hiu Pangandaran – Bagusnya Dari Atas

Pantai Batu Hiu Pangandaran6
Pantai Batu Hiu Pangandaran

Selama Di pangandaran gue beberapa ke tempat wisata disana dan salah satunyanya adalah pantai batu hiu pangandaran. Pantai batu hiu juga wisata yang lumayan terkenalnya dengan pantai pangandaran yang letaknya di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, kurang lebih jaraknya 14 km dari Pangandaran ke arah Selatan.

Kemarin sempat keliling disini sebentar setelah bermain rafting di curug citumang pangandaran karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dari lokasi gue rafting. Untuk tiket masuk ke pantai batu hiu pangandaran sendiri dikenakan 10.000/orang.

Tentu yang ngebuat gue penasaran mau berkunjung ke pantai batu hiu ini karena adanya penangkaran biota laut khususnya penyu hijau. Biasanya disini juga ada event pelepasan bayi bayi penyu ke habitat aslinya yang kita bisa lihat namun itu hanya di hari hari tertentu saja. Dan sayangnya gue juga belum beruntung untuk melihat penangkaran penyu penyu disini dilepas.

Di pantai batu hiu sendiri ketika gue tiba disana pengunjungnya agak sedikit sepi hanya ada beberapa pengunjung saja. Dan gue sedikit terganggu karena banyaknya sampah yang bertebaran di pinggir pantai batu hiu pangandaran. Memang untuk menikmati pemandangan pantai batu hiu di pangandaran ini bukan dari bawah tapi dari atas.

Yaaps jadi sebaiknya untuk menikmati semilir angin laut dan pemandangan luasnya samudra kita bisa menaiki tangga di pinggir pantai batu hiu yang sudah dibuat dengan cat warna warni ke atas tebing. Disanalah baru kita bisa benar benar menikmati pantai batu hiu dengan pohon pohon tinggi yang menjulang yang melindungi kita dari sengatan langsung matahari.

Kenapa disebut Pantai Batu Hiu ?

Pantai batu hiu bukan berarti menandakan banyaknya hiu disini tapi sebutan ini dikarenakan adanya batu yang menyerupai sirip hiu sehinggu disebutlahpantai batu hiu ini. Dan ada juga legenda tentang pantai batu hiu di pangandaran ini.

Berdasarkan cerita rakyat abad ke-11 sejumlah pasukan buangan kerajaan Mataram yang dipimpin oleh Aki Gede dan Nini Gede tiba di temat ini. ketika mereka tiba di darat, mereka memutuskan untuk beristirahat dan tinggal sementara di dekat bukit. Kemudian Aki dan Nini Gede memerintahkan pasukan untuk mencari makanan. Salah satu pasukan yang disebut Ki Braja Lintang, memutuskan untuk mencari ikan di pantai dan menangkap ikan hiu. Ketika Aki dan Nini Gede mengetahui tentang ini, mereka mengatakan kepadanya untuk melepaskan ikan kembali ke lautan. Ketika mereka melepaskannya, ikan hiu tersebut berubah menjadi sebuah batu hitam besar yang berbentuk hiu dan masih bisa dilihat hingga saat ini dan dinamakan Batu Hiu. ==> Referensi produkwisatapnd.blogspot.co.id <==

Untuk di pantai batu hiu pangandaran ini sangat tidak disarankan untuk berenang yaa dikarenakan ombaknya yang besar dan tidak bersahabat. Kemarin ketika disana memang gue tidak melihat satu orangpun yang berenang bahkan bermain surfing. Dan saran gue kalau memang mau mengunjungi pantai batu hiu ini. memang paling enak yang diatas tebing untuk menikmati pemandangan di pantai batu hiu ini dibandingkan di pinggir pantai dibawahnya.

Sayang disini gue kurang bisa menikmatinya karena memang badan yang sudah lelah karena sudah bermain rafting sebelumnya di green valley citumang. Dan gue hanya melihat lihat sebentar tidak lebih dari 30 menit langsung cabut ke tempat penginapan kembali.

 

Cerita Legenda Membuatnya Lebih Bermakna

 

One thought on “Pantai Batu Hiu Pangandaran – Bagusnya Dari Atas

Leave a Reply