Pallu Basa Serigala – Dari Resep Turun Menurun Katanya

Pallu Basa Serigala Makassar

Memang makassar selalu bisa menjadi referensi buat kalian yang ingin berwisata kuliner begitu banyak pilihan untuk menikmati sajian sajian lezat di ibu kota provinsi sulawesi selatan ini. Mulai dari coto, pisang epe, saraba dan hingga pallu basa serigala. Dan kali ini kita akan bahas kenikmatan dari makanan yang bernama pallu basa serigala.

Pallu basa serigala merupakan makanan berkuah sedikit kental dengan isi daging sapi yang banyak sekali dan bisa ditambahkan dengan telur setengah matang didalamnya. Dari penampakan memang tidak jauh berbeda dengan coto nusantara dan bahkan mangkuknya pun hampir sama. Dinamakan pallu basa serigala bukan berarti makanannya terbuat dari daging serigala yaa. Hanya saja serigala itu merupakan nama jalan yang kebetulan tempat makannya disana. Tepatnya di alamat Jalan Serigala, Mamajang Dalam, Mamajang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90235

Perbedaannya sekilas memang hanya terlihat dengan kuahnya saja yang lebih sedikit kental dibandingkan coto makassar karena menggunakan serundeng kelapa. Namun rasa gurihnya tidak kalah dengan coto nusantara makassar.

Sepulang pendakian dari gunung latimojong yang terletak di enrekang dan bermalam di wisma mawas. Pagi harinya kami mencari tempat makan yang enak di makassar. Kebetulan pallu basa serigala sudah masuk list tempat makan yang wajib kami kunjungi selagi di makassar.

Ramainya Pallu Basa Serigala
Ramainya Pallu Basa Serigala

Kami hanya berjalan kaki saja dari penginapan ke tempat makan pallu basa serigala yang sudah sangat terkenal akan kelezatannya. Hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk sampai ke tempat makan pallu basa serigala.

kami datang pukul 10.00 pagi yang kebetulan tempat ini baru saja buka. Tetapi lagi lagi meskipun baru saja buka tempat ini sudah ramai dikunjungi oleh pelanggan setia pallu basa serigala seperti halnya ketika makan di coto nusantara namun tempat makan di pallu basa ini lebih nyaman karena tempatnya yang lebih luas.

Konon katanya dahulu. Tempat makan pallu basa serigala ini kecil sekali sehingga jika ingin makan ditempat harus segera bergegas jika makanan kita sudah habis. Namun sekarang tempatnya sudah menjadi lebih luas dibandingkan dulu sehingga para pelanggan setia bisa menikmati santapannya dengan santai.

Pallu Basa Seigala Makassar
Pallu Basa Serigala

Harum gurih langsung menggoda ketika masuk ke pallu serigala ini dan kebetulan kami duduk tepat di depan tempat pallu basa serigala disajikan. Sehingga harum wangi makanan ini semakin menjadi. Kami langsung bergegas memesan pallu basa serigala dengan tambahan telur didalamnya.

Berbeda dengan coto nusantara makassar yang dimakan menggunakan dengan ketupat. Pallu basa ini dimakan menggunakan nasi putih biasa. Menurut gue jika di pallu basa ini disajikan dengan ketupat seperti halnya di coto nusantara maka kenikmatannya semakin sempurna.

Penampakan kuah yang terlihat lebih kental dan daging yang sangat banyak sekali ditambah dengan telur setengah matang membuat kami nampak seperti “serigala” yang ingin segera menyantap mangsanya. Sluurrp… begitulah suara ketika gue mencoba kuah yang dari pallu basa ini.

Pallu basa serigala dengan telur makassar
Pecah Telurnya Tambah Kenikmatannya

Rasa gurih langsung menyelimuti seluruh lidah dan dagingnya juga yang sangat lembut terlihat dimasak secara sempurna hingga bumbunya juga sangat terasa sekali. ditambah dengan telur setengah matang yang gue pecahkan hingga bercampur dengan kuah pallu basa yang sedang gue santap. Rasanya JUARA !!!

Menurut informasi konsistensi dari kuah yang diciptakan tidak pernah berubah dari dulu dikarenakan ini merupakan resep turun menurun sehingga menciptakan rasa yang sama dari dulu hingga sekarang.

Harganya pun cenderung terjangkau hanya 20.000/porsi sudah bisa menikmati makanan yang enak ini.

Buat loe yang hobby berwisata kuliner dan sedang berada di makassar pokoknya gue rekomendasikan untuk mencoba pallu basa serigala ini yang sudah sangat terkenal dan terbukti enaknya. Don’t Miss it

Makanlah Sebelum Makan Itu Dilarang !

3 thoughts on “Pallu Basa Serigala – Dari Resep Turun Menurun Katanya

Leave a Reply