Menggapai Puncak Tertinggi Pulau Sulawesi – Pendakian Gunung Latimojong Terbaru

Pemandangan Gunung Latimojong - Pendakian Gunung Latimojong Terbaru
Pemandangan Gunung Latimojong

Pendakian Gunung Latimojong Terbaru – Pastinya untuk yang sering mendaki gunung tahu yang namanya gunung latimojong. Gunung latimojong merupakan gunung tertinggi di pulau sulawesi yang letaknya tepatnya di sulawesi selatan dekat dengan desa latimojong kabupaten enrekang yang merupakan desa terakhir sebelum pendakian.

Gunung latimojong sendiri disebut BIG MOUNTAIN karena mempunyai 7 puncak seperti puncak panteloan, puncak pokapinjang, puncak sinaji, puncak lapande, puncak bajaja, puncak sikolong, rante kambola, latimojong, puncak nenemori dan yang paling tinggi puncak rantemario 3443Mdpl.

Masing masing puncak mempunyai jalurnya sendiri. Jika kalian ingin mencoba 7 puncak di gunung latimojong rasanya persiapkan saja 5-7 hari untuk menjelajahi setiap puncaknya. Kalau gue langsung menuju ke puncak rante marionya yang merupakan puncak tertinggi di gunung ini.

Dan Gunung latimojong termasuk seven summitnya indonesia dan ini termasuk 3 gunung dari seven summit indonesia yang pernah gue gapai puncaknya #Sombong #dilemparsepatugunung

Baca Juga : Pendakian Gunung Rinjani

Menuju Bandara Hassanudin Makassar

Pendakian Gunung Latimojong Terbaru – Cerita Perjalanan Menuju Latimojong

Gue berangkat ke makassar dari jakarta yang seharusnya berangkat berdua dengan team rinjani yaitu si fahmi namun karena mendadak dia terkena DBD terpaksa gue berangkat sendiri. Lama penerbangan dari jakarta – Makassar kurang lebih 2 jam penerbangan dengan jadwal pemberangkatan dari jam 5 subuh dan sampai di makassar sekitar jam 7.15 menit.

Sesampai dibandara gue sedikit bingung karena teman teman yang mau mendaki bareng ke latimojong baru akan berangkat dari jakarta jam 11 Malam. Kayanya bakal mati kebosenan gue dibandara kalau disuruh nunggu selama ini cuy. Akhirnya gue kontak salah satu teman di makassar dan alhamdulilah dia bisa menemani gue untuk berkeliling kota makassar dari wisata kuliner di coto nusantara, makan pisang epe, leyeh leyeh di pinggir pantai losari dan sampai numpang mandi dirumahnya 😅😅 #Enggatahumalu #dilemparsendalgunung

Dari Enrekang Menuju Desa Latimojong

Naik Jeep Menuju Basecamp

Ketika teman teman yang dari jakarta sudah sampai bandara gue meminta mereka untuk menjemput saja di dekat rumahnya mas azhar kebetulan arahnya sama menuju baraka enrekang. Dan gue naik mobil bersepuluh cuuy Goks engga tuh. Rasanya baru pertama kali naik mobil pribadi bersepuluh. Hahaha

Untuk biaya charter mobil ini kami share cost yang dikenakan sekitar 100.000 – 125.000/orang.

Lama perjalanan dari makassar menuju baraka atau enrekang itu sekitar 7-8 jam perjalanan. lumayan panjang perjalanannya tapi karena berangkat malam yaa hampir tidak terasa karena sebagian besar dari kami hampir semua tertidur kecuali sopir kayanya. 🤣😂

Sekitar pukul 9 pagi kami sampai di pasar baraka untuk melengkapi logistik yang kurang. Dan kami melanjutkan kembali sekitar 15-30 menit.

Desa Latimojong - Pendakian Gunung Latimojong
Tiba di Desa Latimojong

Sesampainya di baraka perjalananpun belum selesai kami harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Jeep menuju basecamp atau desa latimojong yang merupakan desa terakhir sebelum pendakian itu sekitar 2 jam perjalanan dengan jalan yang menanjak, berlumpur, berkelok kelok juga ada pokoknya lengkap deh ditambah samping kiri langsung jurang. Wadaaaww

Tapi tenang saja bapak yang mengantarkan kami sudah terbiasa dan rasanya sudah hafal medan perjalanan sehingga semuanya bisa aman.

Walaupun tracknya agak menyusahkan tapi pemandangan sepanjang jalan menuju desa latimojong juga sangat indah sekali. Dengan guyonan sepanjang jalan kami tertawa di sepanjang jalan  sambil mendokumentasikannya.

Ooia Biaya Menggunakan Jeep sendiri itu 1.700.000 sudah termasuk pulang perginya.

Pendakian Gunung Latimojong Terbaru
Mandi dulu sebelum pendakian

Pendakian Gunung Latimojong Terbaru – memulai Pendakian Gunung Latimojong

Sesampai di basecamp kami seharusnya melapor ke kepala dusun untuk kegiatan pendakian ke gunung latimojong tapi karena kepala dusun tidak ada ditempat saat itu kami akhirnya berkewajiban melapor ketika sudah turun.

Kami memulai pendakian sekitar jam 11 siang. Namun baru beberapa menit kami berjalan karena adanya sungai yang jernih beberapa dari kami mau membersihkan diri dulu alias mandi di sungai dan barulah sekitar pukul 12 siang lewat kami benar benar mendaki gunung latimojong.

Pos 1 - Pendakian Gunung Latimojong Terbaru
Pos 1 Gunung Latimojong

Menuju Pos 1 Pendakian Gunung Latimojong

Dari Basecamp menuju pos 1 track langsung menanjak dengan melewati kebun kebun kopi dan jagung milik warga desa. Namun jangan salah ketika melakukan pendakian jangan melewati jembatan sungai karena jika melewati loe akan menuju kebun warga dan bukan jalur pendakian. Ambil ke kanan untuk ke jalur pendakian menuju pos 1.

Ditemani anak anak desa latimojong yang memberikan tos tangan di jalan membuat gue lebih bersemangat dalam pendakian. Lama pendakian dari basecamp menuju pos 1 sekitar 60 – 80 menit pendakian.

Pos 1 hanya bukit dengan area terbuka tanpa adanya pohon dan disini loe bisa melihat luas dan tingginya bukit bukit yang mengelilingi gunung latimojong ini.

Jembatan Di Pos 2 - Pendakian Gunung Latimojong Terbaru
Jembatan Di Pos 2

Menuju Pos 2 Pendakian Gunung Latimojong

Dari pos 1 menuju pos 2 waktu tempuh sekitar 45 – 70 menit dengan tracking naik turun disini lumayan dapet bonus satu satunya di dalam pendakian gunung latimojong. Namun harus sedikit extra hati hati karena kita berjalan di pinggir jurang langsung dan terkadang kita harus berpegangan oleh akar akar batang yang kuat untuk melintasinya.

Ketika perjalanan dari pos 1 menuju pos 2 gue mendapatkan sedikit masalah kram kaki akibat ketika berpijak ditempat yang sedikit licin dan terpeleset lalu otot kaki seketika langsung menegang bak karet yang ditarik mau putus rasanya. Tapi alhamdulilah gue masih bisa melanjutkan pendakian.

Air Terjun Di Pos 2 - Pendakian Gunung Latimojong Terbaru
Air Terjun Di Pos 2

Deruan air terjun langsung menyambut kami ketika hampir sampai di pos 2. Teman kami yang kebetulan orang enrekang yang sudah sering melakukan pendakian latimojong memberitahu jika pos 2 sudah dekat. Dengan semangat kami melangkahkan kaki satu per satu hingga akhirnya sampai di Pos 2

Goa Pakpak Pos 2 - Pendakian Gunung Latimojong Terbaru
Goa Pakpak Pos 2

Dan benar adanya terdapat air terjun tepat di depan pos 2 dengan airnya yang deras dan jernih. Kalian bisa mengisi cadangan air kembali untuk diminum disini sebelum melanjutkan ke Pos 3.

Kami di Pos 2 ini menikmatinya agak lama karena kami menyeduh kopi dan susu terlebih dahulu untuk menghangatkan badan sambil melihat aliran air terjun yang indah. Kala itu rasanya mau menceburkan diri ke air untuk berendam namun karena dinginnya air mengurungkan niat untuk melakukannya.

Lantang Nase Pos 3 - Pendakian Gunung Latimojong Terbaru
Lantang Nase Pos 3

Menuju Pos 3 Pendakian Gunung Latimojong

Setelah beristirahat yang lumayan lama akhirnya kami melanjutkan pendakian kami menuju pos 3. Dan “Penyiksaan pun Dimulai” 🤣😂

Ini tracknya lumayan sadis cuuy. Eh engga deng tapi merupakan tanjakan tersadis yang pernah gue daki (Maklum pendaki pemula) 🤣🤣🤣

Dengan kemiringan hampir 80 derajat kemiringannya kami naikin tangga alam yang sudah tersaji terkadang kami sampai berpegangan dengan tali rotan yang sudah tersedia untuk membantu para pendaki melangkahkan kaki. Dan dalam pendakian dari pos 2 menuju pos 3 jangan berharap ada bonus atau jalan landai. Semuanya tanjakan cuy engga dikasih kesempatan untuk ngaso sama sekali dengan waktu tempuh 45-75 menit.

Menuju Pos 3 - Pendakian Gunung Terbaru
Track Terparah Disini Menuju Pos 3

Barulah di pos 3 kita mendapatkan dataran yang dinamakan pos lantang nase. Tempatnya memang tidak terlalu luas tapi lumayan untuk bersandar di pundak wanita sekitar pohon yang ada di pos 3 ini. Kala itu kami tidak terlalu lama beristirahat dan langsung menuju pos 4.

Istirahat Di Pos 4 - Pendakian Gunung Latimojong Terbaru
Istirahat Di Pos 4

Menuju Pos 4 Pendakian Gunung Latimojong

Dari Pos 3 menuju pos 4 juga tracknya terus menanjak namun kemiringannya tidak se-ekstrim dari pos 2 menuju pos 3 dengan jarak tempuh yang lumayan agak panjang sekitar 60-90 menit pendakian. Dan pos 4 ini keadaannya hampir mirip dengan pos 3 namun dengan area yang lebih luas dibandingkan pos 3.

Di Pos 4 kami bertemu dengan rombongan pendaki lain yang di naungi oleh MDPL jogja. Dan gue sempat berbincang bincang dengan salah satu guide mereka dan Dia sedang membawa client katanya. Dia menjadi guide di mdpl jogja dan sudah menjadi mata pencariannya full-time untuk menemani clientnya mendaki di setiap minggu di berbagai gunung di indonesia.

Kebayangkan punya pekerjaan sesuai dengan passion kita. Itu sih bisa dibilang bahagianya hidup. Dengan tutur kata yang sopan dan tenang dia menceritakan pengalamannya ke gue. Rasanya seru sekali mendengar setiap kata kata yang didasarkan pengalamannya.

Dan di Pos 4 ini gue rehat agak lama karena beberapa teman kami yang masih dibelakang yang ternyata ada yang sedikit bermasalah di kakinya.

Menuju Pos 5  Pendakian Gunung Latimojong

Perjalanan menanjak pun masih berlanjut dari pos 4 menuju pos 5. Jaraknya lumayan agak panjang dan bisa ditempuh sekitar 60-120 menit untuk mencapainya. Tapi walaupun jaraknya agak panjang kalian bisa tenang karena di pos 5 ini kalian bisa beristirahat dan bermalam alias camp disini.

Areanya cukup luas untuk membangun tenda tenda pendaki. Dan ada juga persediaan air orang lain yang bisa kalian minta sumber air yang bisa kalian ambil yang jaraknya lumayan jauh sekitar 200 meter dari pos 5.

Di pos ini juga kami langsung mendirikan tenda dan langsung memasak makanan untuk mengisi asupan dan tenaga yang sudah kami gunakan hampir setengah hari full.

Makanan Di Gunung Latimojong - Pendakian Gunung Latimojong Terbaru
Akhirnya Makan Juga. Haha

Gelak tawa dan keramaian langsung terasa di pos 5 ini ketika tenda rombongan kami  sudah didirikan. Panggilannya babe (Salah satu pendaki rombongan kami asal tangerang) yang suka sekali bercanda dan ngecengi orang untuk mengundang tawa. Ditambah lagi lawannya dari rombongan pendaki lain yang orang jakarta yang suka bercanda juga. Rasanya saat itu hutan yang gelap berubah menjadi suasana warung kopi jakarta yang penuh cerita.

Ketika waktu menunjukan pukul hampir jam 10 malam akhirnya keramaian kami pun mulai meredup dan semua beristirahat untuk mempersiapkan diri untuk summit attack dari pos 5 gunung latimojong.

Menuju Pos 6 Pendakian Gunung Latimojong

Dering jam alarm kala itu membangunkan gue pukul 02.00 pagi di tenda yang ditempati oleh 4 orang. Guepun segera membangunkan teman teman yang lainnya untuk melakukan persiapan langsung summit attack ke puncak rante mario dari Pos 5.

Setelah persiapan sudah selesai kamipun berdoa untuk keselamatan masing hingga menggapai puncak. dan Pos 6 menjadi pos pertama yang kami lalui untuk menuju puncak. Jalannya pun terus naik dan naik tanpa adanya bonus sama sekali. dan waktu tempuhnya dari pos 5 menuju pos 6 kurang lebih 45 menit sampai 60 menit pendakian.

Pos 6 juga sama seperti pos 3 dan 4 yang merupakan area datar namun tidak terlalu luas tempatnya.

Hutan Lumut - Pendakian Gunung Latimojong
Hutan Lumut

Menuju Pos 7 Pendakian Gunung Latimojong

Untuk menuju pos 7 kami mulai memasuki hutan lumut di sepanjang pendakian. Namun karena kami mendaki di malam hari tentu pemandangan lumut yang sangat instagrammable belum terlihat saat itu. Tracknya pun lagi dan lagi terus menanjak. Pendakian pun cukup panjang sekitar 60 menit hingga 90 menit yang ditempuh untuk menggapai pos 7.

Ketika kami sampai kami disambut oleh kabut yang lumayan tebal ditemani oleh angin yang kencang dan lumayan dingin. Dan perasaan gue bilang kala itu jika di puncak sedang terjadi badai.

Eksis Dihutan Lumut - Pendakian Gunung Latimjong Terbaru

Pos 7 ini juga merupakan pos terakhir yang kami lewati untuk summit attack ke puncak rante mario. Disini kalian bisa mendirikan tenda juga jika mau summit attacknya lebih mudah karena jarak dari pos 7 ini tidak terlalu jauh ke puncak rante mario. Dan sumber airpun tersedia.

Menuju Puncak Rante Mario – Puncak Tertinggi Pulau Sulawesi

Dari pos 7 menuju ke puncak rante mario ada banyak sekali bebatuan yang ditumpuk tumpuk berdiri oleh para pendaki. Ketika kami ingin melanjutkan pendakian menuju puncak kami dihampiri oleh pendaki lain yang bermalam disana dan memberitahu kami jika di puncak memang sedang terjadi badai. Dan itu tepat sekali dengan apa yang gue rasakan ketika baru saja sampai di pos 7.

Namun kami tetap melanjutkan ke pendakian ke puncak karena setelah berbicara dengan pendaki yang sedang ngecamp disana badainya masih bisa dilewati. Karena saat itu badainya untungnya tidak disertai oleh hujan.

Ditengah tengah pendakian menuju puncak karena gue berpikir kabutnya semakin tebal dan anginnya semakin kencang. Dan mengusulkan untuk mencari tempat untuk berteduh terlebih dahulu karena saat itu percuma sekali jika menggapai puncak namun tidak ada yang bisa dilihat ataupun di dokumentasikan.

Akhirnya kamipun beristirahat kembali untuk menunggu badai hilang sekalian menyeduh susu dan kopi untuk menghangatkan diri yang saat itu udaranya sedang dingin sekali. Hampir 20 menit rasanya kami menunggu badai untuk reda namun sayangnya belum juga reda.

Karena itu dari pada kami kedingin berdiam diri dan lebih tersiksa akhirnya kami melanjutkan perjalanan menuju puncak. Dari Pos 7 menuju puncak tracknya sedikit landai dengan hanya mendaki yang sesekali saja. Dan waktu tempuh pun sekitar 60 menit.

Puncak Rantemario Gunung Latimojong - Pendakian Gunung Latimojong Terbaru
Puncak Rantemario Gunung Latimojong

Menggapai Puncak Rante Mario - Pendakian Gunung Latimojong Terbaru
Puncak Rantemario Checklist

Rasa senang dan puas bercampur aduk ketika terlihat tugu tinggi yang kokoh berdiri dan menandakan kami sudah menggapai puncak tertinggi pulau sulawesi yaitu puncak rantemario 3443 Mdpl dengan suhu udara yang mencapai -6 derajat celcius yang menemani saat itu. Mungkin hanya sekitar 30 menit kami mendokumentasikan sekitar puncak rantemario dan segera kami turun karena udara yang semakin dingin.

2 thoughts on “Menggapai Puncak Tertinggi Pulau Sulawesi – Pendakian Gunung Latimojong Terbaru

• April 19, 2018 at 5:48 am
    Permalink

Wih gila berat banget perjalanannya. Tapi kayaknya rasa senang dan puas yang bercampur aduknya worth it ya hehe

• April 23, 2018 at 4:06 am
      Permalink

Iya kak berat banget trackingnya tapi Memang bagus kok apalagi di hutan lumutnya