Mampir Ke Ragunan, Jakarta

burung-pelikan-ragunan-jakarta-1
Burung Pelikan

Ragunan, Jakarta atau orang biasa menyebutnya dengan Kebon Binatang Ragunan adalah sebuah tempat rekreasi murah khususnya warga jakarta yang ingin melihat berbagai macam binatang. di ragunan, jakarta ini memiliki luas sekitar 140 hektar. meskipun luasnya masih kalah dengan taman safari indonesia yang berada di bogor namun tempat ini selalu ramai dikunjungi baik itu hari biasa maupun hari libur.

di kebon binatang ragunan ini terdapat berbagai macam hewan mulai dari hewan yang bersahabat hingga yang segen mau bersahabatan dengan hewan ini seperti harimau, macan, beruang dan sebagainya kurang lebih disini ada 296 spesies dan 4040 spesimen. kebon binatang ragunan, jakarta ini terletak di pasar minggu, Jakarta Selatan. 

Hidupnya tidak selalu pelik seperti tingkah kamu !
Hidupnya tidak selalu pelik seperti tingkah kamu !

Ragunan menjadi salah satu liburan paling murah dijakarta. hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 4.000./orang loe sudah bisa masuk ke kebon binatang ragunan, jakarta. namun disini tidak melulu hanya melihat binatang. ada juga taman bermain untuk anak-anak dan bersepeda mengeliling seputaran kebon binatang. kemarin ketika gue kesana dan berjalan kaki mengeliling kebon binatang alhasil alhamdulilah cape dan pegel serta encok. kaki gue. dan gue baru sadar ternyata luasnya hampir 140 hektar ! damn it !

Katanya Pinter. masa ketangkap ! #digebukinmassa
Katanya Pinter. masa ketangkap ! #digebukinmassa

Hampir di setiap kebon binatang rasanya selalu memberikan pengetahuan tentang binatang #namanyajugakebonbintang. dan untuk anak anak khususnya bisa lebih mengenal dan peduli akan kehidupan mereka. di ragunan, jakarta ada namanya pusat primata schmutzer yang memberikan pengetahuan khusus tentang binatang primata seperti gorilla, Monyet, lemur dan sebagainya.

pusat-primata-schumtzer-ragunan-jakarta
Pusat Primata Schmutzer

 

monyet-ragunan-jakarta-1
Salah Satu Binatang Primata

namun sayang beberapa binatang seperti jerapah sudah tidak ada lagi di ragunan, jakarta ini. dikarenakan semuanya sudah mati. waktu gue kecil sih masih ada 3. terus gue berkunjung lagi sisa 1 dan tidak lama setelah itu sisanya yang 1 juga mati #semuakembalipadaNYA ????

Gajah Sumatra adalah binatang yang paling mudah ditemukan di kebon binatang ragunan. mungkin ada sekitar 3-4 tempat khusus untuk gajah. di ragunan juga selayaknya seperti di taman safari bogor loe bisa bermain bersama dengan gajah dengan menunggangi gajah namun untuk ini loe dikenakan biaya kembali.

gajah-ragunan-jakarta
Gajah Sumatra

 

gajah-ragunan-jakarta-2
Selalu Menyapa Pengunjung

Memang beberapa kandang di ragunan terlihat seperti tidak diurus dan sedikit berbau yang kurang sedap. tetapi menurut gue ragunan saat ini sudah lebih baik mengurus binatang binatang yang ada disana. itu terlihat ketika gue melihat kandang singa. saat ini terlihat dengan jelas binatang binatang buas seperti singa dan macan badannya agak sedikit gemuk dibandingkan dulu rasanya mau nangis ngelihat singa dan macannya. keliatan banget tengkorak perutnya. kan kasihan ???.

burung-unta-ragunan-jakarta
ini kepala siapa hayoo ?

dan semoga kebon binatang ragunan, Jakarta terus berbenah untuk selalu menjaga dan melestarikan hewan hewannya dan menjadi tempat untuk orang orang mengenal binatang lebih dekat.

 

Animals share with us privilage of having souls – Pytagoras

 

8 thoughts on “Mampir Ke Ragunan, Jakarta

  • November 9, 2016 at 9:49 pm
    Permalink

    Alhamdulillah kalo hewan2 nya di perhatikan dan gemuk2 yeee, ngak tega juga kalo keliatan tulang2 nya terlalu kurus.
    Btw gw lama tinggal di jkt tp belum penah seklaipun keragunan hehehe

    Reply
  • November 14, 2016 at 2:37 am
    Permalink

    Duh, susah Amir sih posting komen. Nggak nyangka Kalo ternyata ragunan itu juga bagus. Dulu ke Jakarta nyesel nggak ikut temen main kesini #akunyangelayapentahkemana

    Reply
  • November 20, 2016 at 2:58 am
    Permalink

    lama ga ke ragunan, memori pas kecil ke sini yg masih di inget gajahnya 😀
    gajahnya senyum ramah

    Reply

Leave a Reply