Londa Tana Toraja : Semakin Tinggi Derajatnya Semakin Tinggi kuburannya

Londa Tana Toraja
Londa Tana Toraja

Tana Toraja Memang mempunyai banyak sekali hal yang unik dan terkenal mulai dari kopi toraja yang terkenal seantero negeri hingga kuburannya yang bisa dibilang salah satu paling unik di indonesia bahkan dunia. Ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi seperti kete kesu, Lemo dan londa untuk melihat hal unik dalam penguburan di tana toraja.

Londa tana toraja merupakan salah satu tempat yang loe bisa kunjungi untuk melihat kuburan di dalam goa tanpa dikubur ke dalam tanah. Biasanya sebelum dikuburkan jenazah akan dilakukan dengan rangkaian upacara adat yang biasa disebut dengan rambu solo.

Berdasarkan informasi yang gue dapet upacara untuk pemakaman ini sendiri pun memakan biaya yang lumayan cukup besar. Namun tetap tergantung kemampuan dan derajat jenazah sebelum meninggal. Contohnya jika dia bangsawan akan memotong kerbau yang jumlahnya tidak sedikit bahkan hingga kerbau bule yang harganya bisa sampai miliaran rupiah. Goks kan !

Kuburan Gantung Londa
Kuburan Gantung Londa

Dari pendakian gunung latimojong gue khususnya dengan babeh (salah satu pendaki) mengompor ngopori agar teman kami ikut dalam berkunjung ke tana toraja. Bukan karena mereka tidak mau tetapi karena jadwal kepulangan pesawat mereka yang terlalu mepet.

Namun setelah bercakap cakap hingga kuping mereka panas.  Akhirnya mereka setuju untuk ikut ke tana toraja dengan syarat pendakian kami harus lebih cepat dari jadwal yang sudah ditentukan. Yang seharusnya 3 hari 2 malam. Kami kebut pendakian kami menjadi 2 hari 1 malam saja.

Tumpukan Peti Mati Londa tana toraja
Tumpukan Peti Mati Londa

Kami berangkat dengan mobil yang menemani kami untuk pulang pergi ke kabupaten enrekang  ke bandara namun karena kami ingin berkunjung ke tana toraja terlebih dahulu kami harus mengeluarkan biaya lebih untuk si sopir mengantarkan kami berkeliling ke tana toraja.

Lama perjalanan dari kabupaten enrekang ke tana toraja hanya satu setengah jam saja. Kami sudah sampai ke tana toraja. Dan kami langsung menuju Londa.

Londa berada di di Desa Sandan Uai, Kecamatan Sanggalangi. Lokasinya kurang lebih 7 kilometer dari selatan Kota Rantepao. Dan merupakan goa  terluas untuk pemakaman di tana toraja.

Tau Tau Londa - Tana Toraja3
Tau Tau – Londa

Biaya masuknya ke Londa 15.000/orang. Tempatnya juga sudah sangat rapih sekali. Dari luar goa terlihat beberapa peti yang terlihat sudah banyak yang rusak dan ada beberapa karangan bunga pemakaman yang terlihat baru. Ada juga boneka boneka yang disebut tau tau.

Tau tau merupakan bentuk dari seseorang yang sudah meninggal yang dipahat mirip dengan wajah aslinya ketika masih hidup. Boneka tau tau ini yang dipahat biasanya orang yang mempunyai derajat yang tinggi semasa hidupnya atau bisa disebut bangsawan.

Ketika kami masuk ada seorang guide yang menghampiri kami dengan membawa lampu sorong. Dia menawarkan untuk jasa masuk ke goanya dengan penerangan dari lampu sorong yang ia bawa.

Untuk jasa lampu petromaks kami dikenakan biaya 50.000 dan biaya mendampingi terserah kita ingin memberikan berapa. Kemarin kami memberikan dia uang tips mendampingi kami 50.000 juga jadi totalnya kami berikan 100.000 untuk jasa lampu dan tips mendampingi selama masuk ke goa.

Tengkorak Di Dalam Goa Londa - Tana Toraja8
Tengkorak Di Dalam Goa

Selama mendampingi di dalam goa dia menjelaskan banyak hal tentang kuburan londa ini. Kuburan londa ini ternyata hanya untuk garis keturunan tertentu saja. Sehingga tidak semua orang toraja menguburkan di londa ini. Biasanya masing masing garis keturunan suku toraja mempunyai tempat masing masing untuk menguburkan jenazah kerabatnya.

Untuk sekedar informasi guide yang menemani kami masuk dan hampir seluruh guide di londa ini merupakan satu garis keturunan suku disini.

Rokok merupakan sesaji dari kerabat - Londa - Tana Toraja5
Rokok merupakan sesaji dari kerabat

Gue pun melihat banyak sekali peti mati yang ditaruh seperti roko, uang dan sebagainya. Dan guide kami menjelaskan jika itu merupakan sesaji dari kerabat yang mengunjungi makam kerabatnya yang sudah meninggal dan ditaruh disini.

Dan ketika kami semakin ke dalam goanya, Terlihat ada peti mati yang terlihat baru sekali. Dan benar saja berdasarkan informasi dari guide kami jika memang peti tersebut merupakan peti mati baru yang dipindahkan di goa ini. Meninggalnya baru sekitar 3 bulan yang lalu.

Baru pertama kali rasanya gue melihat tulang belulang manusia secara langsung. Merinding rasanya ditambah gelapnya goa membuat suasana sedikit menyeramkan. Namun dibalik suasa seram yang sedang kami rasakan.

Romeo Dan Juliet - Londa - Tana Toraja6
Sepasang Kekasih

Guide kami bercerita tentang kedua kepala tengkorak manusia yang ceritanya mirip sekali dengan romeo dan juliet yang dilarang menikah karena masih mempunyai garis keturunan yang sama. Karena kuatnya ikatan cinta mereka membuat mereka lebih memilih mati bersama dengan bunuh diri daripada harus berpisah satu sama lain.

Dan kita pun bisa berfoto disamping tengkorak dua sejoli ini namun harus tetap berhati hati karena kami tidak boleh menyentuh atau memegang tengkoraknya. Konon katanya jika kita menyetuh tengkoraknya dengan secara sengaja maka kami harus melakukan upacara adat karena sudah melanggar aturan yang ada. Jadi loe harus berhati hati dan menghormati terhadap apa yang mereka percaya yaa guys.

Kami pun keluar dari goa pertama dan masuk ke dalam goa sebelahnya. Goanya lebih luas dari goa sebelumnya dan petinya juga lebih banyak namun tidak terlalu dalam goanya. Mungkin kedalaman goanya hanya sepertiga dari goa pertama yang kami masuki.

Disana gue pun masih sangat penasaran bak orang yang sangat haus sekali informasi. Beberapa kali gue menanyakan secara langsung tentang penguburan di londa ini.

Karena guide kami merupakan garis keturunan dari suku yang dimakamkan di goa ini sehingga rasanya dia tahu seluk beluk tentang sejarah pemakaman disini. Dan membuat gue tidak ragu untuk menanyakan apapun tentang pemakaman di londa ini.

Dan informasi yang gue dapat juga. Ternyata jika sukunya belum melaksanakan upacara adat jenazahnya akan disimpan terlebih dahulu dirumah bisa berbulan bulan hingga bertahun tahun. Dan orang yang meninggal tersebut hanya dianggap sakit saja dan masih diperlakukan seperti orang hidup seperti memberikan rokok, sirih dan sesajian yang lainnya. Karena orang orang toraja percaya orang meninggal tanpa sebuah upacara adat akan memberikan suatu kemalangan bagi orang yang ditinggalkan.

Londa - Tana Toraja10
Semakin Derajatnya Semakin Tinggi Kuburannya

Dahaga akan informasipun perlahan mulai mereda dengan jawaban jawaban yang diberikan oleh guide kami sekaligus mengakhiri wisata kami memasuki goa londa ini. Ketika keluar dengan melewati jalan yang berbeda untuk keluarnya.  kami melihat dari kejauhan makam makam bangsawan yang tinggi sekali peti pemakamannya. Karena orang toraja percaya semakin tinggi pemakamannya semakin cepat ruhnya sampai ke nirwana.

One thought on “Londa Tana Toraja : Semakin Tinggi Derajatnya Semakin Tinggi kuburannya

  • June 11, 2018 at 5:13 am
    Permalink

    Ngeri-ngeri sedap ya masuk ke goa ini.. kalau orang indigo atau punya six sense gimana ya? Jangan-jangan bisa melihat banyak makhluk halus 😀

    -Traveler Paruh Waktu

    Reply

Leave a Reply