Kopi Kong Djie Belitung – Pahitnya Nempel Di Lidah

Warung Kopi Kong Djie

Ketika sampai di bandara hanandjoeddin belitung kami langsung memesan taksi online untuk mengantarkan kami ke hotel yang sudah kami pesan sebelumnya. Terlihat driver yang mengantarkan kami ini masih sangat muda dan bicaranya yang sopan dan ramah kepada kami. Kami pun asik berbincang bincang dengannya dari tempat wisata yang harus dikunjungi hingga masalah tempat nongkrong cabe-cabean anak mudah yang hitz jaman now di belitung. Dan salah satunya tempat nongkrong yang wajib di kunjungi yaitu kopi kong djie.

Kebetulan ketika kami menuju hotel kami melewati warung kopi kong djie ini. Warungnya terlihat sangat kecil dan gue juga sempet berpikir apa yang membuat warung kopi djie di belitung ini menjadi tempat nongkrong yang paling ramai. Dan akhirnya warung kopi kong djie ini masuk list kami untuk kami kunjungi.

Baca Juga : Mengunjungi replika SD muhammadiah laskar pelangi

Singkat cerita setelah lelahnya kami seusai jalan jalan ke belitung timur khususnya ke replika SD Muhammadiah Laskar Pelangi kami pun mencari makan terlebih dahulu di belitung tempoe doeloe. Baru setelah itu kami menyempatkan nongkrong santai di warung kopi kong djie ini.

Sesampai disana memang tempatnya tidak terlalu besar namun didalamnya ramai sekali orang yang sedang nongkrong khususnya anak muda. Dan kami langsung disediakan menu yang menurut gue juga tergolong sederhana. Seperti roti bakar, pisang bakar, kopi, susu dan lain lain. Tentu di list menu ada yang namanya kopi kong djie.

Warung kong djie sendiri konon katanya sudah berdiri sejak 1943. So jadi sebelum kemerdekaan indonesia kopi ini masih tetap ada loh. Dan memang kopi kong djie ini layak disebut kedai kopi legenda belitung. Disana kalian juga bisa melihat sejarah warung kopi kong djie ini.

Sejarah Kedai Kopi Kong Djie
Sejarah Kedai Kopi Kong Djie

Gue dan Adjie mencoba waktu itu kopi kong djie yang ada di menu dengan sajian roti bakar satu. Kami tidak memesan makanan lainnya kala itu karena perut kami yang sudah kenya di resturant belitung tempoe doeloe. Kami sempat menunggu lama untuk hanya pesanan kami yang sebatas roti bakar dan kopi. Dan ternyata benar saja pesanan kami terlewat oleh penyajinya.

Sejak 1943 Kopi Kong Djie
Sejak 1943

Dengan meminta maaf mereka langsung membuatkan pesanan kami yang sudah terlewat sedaritadi. Dan kurang dari 5 menit kopi kong djie dan roti bakar kamipun langsung siap.

Suurrrpp… Gue mencoba kopi legenda belitung ini. Rasanya asli pahit banget cuy !!! Dan pahitnya itu nempel banget di lidah.

Begitupun dengan sahabat gue adjie. Dia bahkan sampai menambahkan susu untuk kopinya sangking engga kuat dengan pahitnya. Buat kami berdua yang bukan pecinta kopi sejati masih bingung kenapa kopi kong djie ini bisa sangat melegenda dengan rasa dan konsep yang sederhana.

Kopi Kong Djie Belitung
Kopi Kong Djie Source : Tripadvisor

Mungkin jika kalian pecinta kopi dan kebetulan sudah pernah merasakan kopi legenda belitung ini. Bisa memberikan penjelasan kepada gue kenapa kopi ini bisa begitu terkenal di belitung.

Tapi memang selain rasa yang sederhana tersebut gue merasakan nongkrong di kedai kopi sederhana berbincang bincang santai dengan sahabat menjadikan suasana yang enak banget sih. Dan itupun penyebabnya kami bisa hingga 1 jam lebih padahal kala itu badan kami yang sudah super lelah dari perjalanan panjang.

Pahit Rasa Yang Kurang Enak Tapi Banyak Disukai Orang
Dandy Siswandy

 

2 thoughts on “Kopi Kong Djie Belitung – Pahitnya Nempel Di Lidah

Leave a Reply