Hopping Island Belitung : Menjelajah Pulau Pulau Cantik Belitung

Hopping Island Belitung

Beberapa bulan yang lalu gue berkesempatan untuk mengunjungi pulau dengan sebutan pulau laskar pelangi. Pulau tersebut adalah pulau Belitung. Pulau belitung mempunyai berbagai macam daya tarik wisata terutama wisata pantai dan lautnya. Pantai yang bersih, Pasir putih yang lembut dan terumbu karang yang masih sangat terjaga menjadikan magnet bagi para wisatawan khususnya. Dan Hopping island Belitung menjadi kegiatan yang wajib loe coba ketika berlibur ke pulau kelahiran penulis terkenal andrea hinata ini.

Hopping island Belitung adalah menjelajah pulau pulau kecil yang menawan di pulau belitung seharian. Hopping island di belitung sepertinya menjadi hal yang wajib buat loe yang ingin berkunjung kesana. Sayang rasanya jika dilewatkan begitu saja.

Kapal Untuk Hopping Island Belitung
Tinggal Dipilih Mau Yang Mana ? Kaya Jodoh Kan #ups

Untuk melakukan kegiatan hopping island belitung ini Loe harus menyewa kapal yang berada di pantai Tanjung Kelayang dengan harga 350.000 – 500.000/kapal. Saran gue sebaiknya jika loe hanya berlibur kurang dari 5 orang sebaiknya cari barengan agar bisa share cost untuk penyewaan satu kapal jadi bisa lebih terjangkau harganya. Karena 1 kapal nelayan bisa memuat 5 hingga 10 orang bahkan. Namun para nelayan tersebut biasanya tidak mau kebanyakan dan mereka harus membagi kepada kapal kapal yang lain.

Terik matahari kala itu menyengatkan kulit ketika sampai di pantai tanjung tinggi untuk memulai hopping island belitung. Gue mulai hopping island belitung ini dari pukul 09.00 pagi jajaran kapal nelayan dengan warna warni yang berbeda seperti berkata siap untuk mengantarkan kami melihat keindahan pulau pulau di belitung.

Pulau Burung - Hopping Island Belitung
Pulau Burung – Hopping Island

Pulau Burung

Pulau pertama yang gue kunjungi waktu itu adalah pulau burung. Pulau burung sebutannya karena bentuk batu besar besar yang seperti paruh burung. Disana kapal yang gue naiki tidak singgah karena pulau tersebut memang hanya untuk berfoto foto ria saja. Dan ketika gue melihat air di bawah kapal kami. Airnya jernih habis cuy. Terumbu karangnya langsung terlihat dari atas gitu loh. Asli rasanya mau langsung snorkling aja. tapi lagi lagi kata bapak yang membawa kapal gue. ini bukan spot untuk snorkling. Katanya sih ada spot yang lebih bagus lagi dari ini. *anjrit serius pak !!!*

Selfie Di Pulau Lengkuas - Hopping Island Belitung
Selfie. Why Not

Pulau Lengkuas - Hopping Island Belitung
Pulau Lengkuas

Naah ini pulau kecil belitung yang paling terkenal. Dengan menara tingginya. Namun sayang ketika gue sampai disana udah ruame banget cuuy jadi ribet kan mau foto ala ala seleb selebgram gitu. haha

Dipulau lengkuas ini kami menghabiskan waktu paling lama karena kita disana berfoto foto ria, menikmati kelapa muda sambil menikmati semilir angin laut. Sumpah deh rasanya kaya disurga tapi sayang belum ada kamu disisiku *Eeeeaaaa*

Spot Snorkling - Hopping Island Belitung
Spot Snorkling

Snorkling Time

setelah kurang lebih satu jam di pulau lengkuas kami meneruskan ke pulau selanjutnya yang masih sangat dekat dengan pulau lengkuas. Dan kebetulan nama pulaunya lupa gue. wkwkw

waktu sampai di dekat dekat pulau terumbu karangnya sudah mulai terlihat lagi dari atas kapal. Asli cuuy cantik banget dan ikannnya yang buanyaak dan warna warni. Dan bapaknya yang membawa kapal bilang ini merupakan spot snorkling. jadi yang mau snorkling dan berenang silahkan.

Asli engga pake lama gue langsung nyebur ke laut dan melihat berbagai jenis terumbu karang, ikan yang imut imut tetapi gue juga melihat beberapa bulu babi laut. jadi harus tetap hati hati yaa.

Untuk loe yang engga bisa berenang engga perlu khawatir biasanya kapal kapal yang mengantarkan kita untuk hopping island belitung sudah menyediakan pelampung, fins dan kacamata renang.

snorkling ini rasanya menghabiskan waktu  paling lama bisa sampai 1 jam. Baru setelah itu kita ke pulau selanjutnya yaitu pulau pasir.

Pulau Pasir - Hopping Island Belitung
Pulau Pasir Yang Tenggelam

Pulau Pasir

Disebut pulau pasir karena pulaunya hanya terdiri dari pasir pasir putih saja ditengah laut. Dan ketika gue tiba dipulau pasir ini. pulaunya sedang tenggelan oleh air laut. tetapi gue dan beberapa penumpang kapal masih bisa singgah. Jadi berasa kaya berdiri di tengah laut.

Pulau Gede Kalayang - Hopping Island Belitung
Pulau Untuk Istirahat Dan Makan

Pulau Gede Kepayang

Setelah selesai dari pulau pasir. kita beristirahat sejenak untuk makan di sebuah pulau kecil juga. khusus untuk para wisatawan makan dan minum. kami disajikan makan makanan seafood dengan bumbu khas belitung. Tapi Jujur buat gue sendiri kurang menyukai bumbu bumbu makanan belitung. #mungkinbelumjodoh

Pulau Kelayang - Hopping Island Belitung
Pulau Kelayang

Pulau Kelayang di hopping island belitung
Always With Camera

Waktu sudah menunjukan sekitar jam 3 sore. Kami menuju pulau terakhir yaitu pulau kelayang.

Pulau kelayang seperti pulau lengkuas yang lumayan luas. disana kami berjalan sebentar untuk melihat spot berfoto diantara batu batu besar. Semuanya serba indah seperti pulau lainnya.

Baru nyadar pulau belitung punya pantai dan pulau pulau yang super keren yang engga kalah sama dengan bali Ataupun lombok.

Lelah rasanya  seharian hopping island di belitung. Kapal kamipun segera bergegas kembali ke pantai kelayang. Dan menikmati sunset dari pinggir pantai tanjung tinggi yang tidak jauh dari pantai kelayang.

Negeri Laskar Pelangi Rasanya Pantas Disematkan Untuknya.