Empal Gentong Krucuk Cirebon Favorite Keluarga

Empal Gentong Krucuk Cirebon
Empal Gentong Krucuk Cirebon

Baru beberapa hari sampe rumah setelah dari garut dan bandung tiba tiba nyokap ngomong mau ngajak pergi ke cirebon buat ikut acara family gathering kantor bokap yang diselenggarakan di kuningan. Gue langsung mengiyakan aja ajakan nyokap karena penasaran sama kuliner cirebon khususnya empal gentongnya karena waktu jalan jalan sebelumnya Cuma gue yang engga ikut ke cirebon dan nyokap selalu menceritakan empal gentong kesukaannya sewaktu di cirebon bahkan sampai hafal namanya yaitu empal gentong krucuk.

Empal Gentong Krucuk Cirebon-1
Tempat Makan Empal Gentong Krucuk

Singkat cerita berangkatlah gue ke cirebon pada hari H bersama keluarga gue dan kami menginap di hotel asri cirebon. Kami terlebih dahulu beristirahat disana hingga malamnya baru bokap ngajak makan di empal gentong krucuk. Yang terletak di Jalan Slamet Riyadi No. 5, Kesenden, Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45121. Untuk tempatnya sendiri tidak terlalu besar namun pelanggannya sudah banyak sekali. Bokap bercerita disini hampir tidak pernah sepi dan selalu penuh setiap harinya.

Di empal gentong krucuk ini menunya bukan hanya empal gentong saja namun ada menu lain seperti sate, Sop dan sebagainya namun memang empal gentong menjadi primadonanya disini. Di empal gentong krucuk sendiri ada 2 jenis empal yaitu empal gentong dan empal asem. Bedanya empal gentong dan empal asem terdapat di bumbu dan kuahnya. Kalau empal gentong menggunakan santan seperti soto betawi namun kuahnya ringan tidak kental berbeda dengan empal asem yang seperti namanya terasa sekali asem karena menggunakan belimbing wuluh yang membuatnya lebih segar dan tetap asemnya tidak berlebihan menurut gue.

Empal Gentong Krucuk Cirebon-3
Empal Gentong ala Krucuk

 

Empal Asem Krucuk Cirebon-6
Empal Asem Krucuk

Kami memesan empal gentong dan empal asem ditambah sate sapi dengan bumbu kacang seperti bumbu pada umumnya serta kerupuk kulit yang menurut gue rasanya berbeda dan lebih gurih dibandingkan kerupuk kulit lainnya. Untuk daging empal gentongnya dagingnya sangat lembut selembut wajahmu yang membuatku selalu kagum #halah #mulaimelenceng rasa gurih dari santan begitu terasa namun tidak eneeek di lidah dan empal asemnya sendiri sangat dipenuhi oleh belimbing wuluh sempat khawatir apakah akan sangat asem sekali tetapi setelah icip icip ala pak bondan ternyata rasa asem yang berlebih tidak terlalu menyengat dilidah dan dagingnya pun sama seperti empal gentong empuk dan lembut ketika digigit.

Empal Gentong Krucuk Cirebon-5
Sate Sapi Ala Krucuk

Untuk satenya sendiri dagingnya tidak terlalu lembut dikarenakan daging yang mereka gunakan untuk satenya adalah daging sapi namun tetap tertolong dengan bumbunya yang lumayan enak. Untuk harga makanan di empal gentong krucuk bisa di nikmati dimulai dari Rp 10.000 – Rp 30.000. dan dibuka dari jam 07.00 – 22.00 malam tapi gue sarankan kalau Loe ingin ke empal gentong krucuk jangan lebih dari jam 8 karena kebanyakan makanan sudah hampir habis di jam jam tersebut.

Empal Gentong Krucuk Cirebon-2
Favorite Keponakan Gendut???

Rasanya memang engga berlebih kalau keluarga gue setiap ke cirebon mampir ke empal gentong krucuk ini karena rasanya yang enak dan harganya terjangkau serta porsinya yang lumayan banyak. Apalagi nyokap dan keponakan gue yang selalu minta balik lagi kalo Cuma sekedar makan empal di cirebon.

Note : Untuk Loe yang ingin membeli kerupuk kulit sebagai oleh-oleh gue sarankan beli kurupuk kulit di empal gentong krucuk karena kerupuknya renyah dan lebih gurih dibandingkan beli ditempat lainnya. Harganya bervariasi tergantung ukuran dan berat kemarin gue nanya yang paling besar sekitar 1.5/kg seharga Rp 40.000- Rp 50.000

 

Mendapatkan Rasa Baru Bisa Memperkaya Rasa di Lidah

Dandy Siswandy

14 thoughts on “Empal Gentong Krucuk Cirebon Favorite Keluarga

Leave a Reply