Empal Gentong Haji Apud Cirebon : Paling Ramai Dan Terkenal Di Cirebon

empal gentong haji apud cirebon
empal gentong haji apud

empal gentong memang sudah menjadi makanan khas cirebon dan seakan sudah menjadi menu wajib kalau sedang jalan-jalan ke daerah cirebon. tentu selain empal gentong ada juga makanan khas cirebon seperti nasi jamblang. kalau loe jalan jalan ke cirebon hampir di setiap pinggir jalan banyak sekali yang menawarkan makanan khas cirebon khususnya empal gentong. tapi guys percayalah tidak semua empal gentong yang berada di cirebon mempunyai cita rasa yang enak dan juara ! hanya ada beberapa tempat saja yang rasanya sudah terbukti enak. salah satunya empal gentong haji apud.

mungkin loe juga pernah mengalami juga ketika jalan jalan ke suatu tempat dan ingin menyicipi makanan khas daerah tersebut ada begitu banyak sekali pedagang yang menawarkan makanan khas. kalau loe salah beli yang ada hanya kecewa dan merasa makanan khas daerah tersebut tidak begitu cocok dengan lidah loe. memang kemungkinan ketidakcocokan rasa di lidah memang ada tapi sebaiknya mencoba makanan yang sudah terbukti enak dan terkenal di kalangan warga lokal. biasanya restauran atau tempat makanan yang rasanya sudah terbukti enak akan direkomendasi oleh warga sekitar ketika kita jalan jalan ke suatu daerah.

Tempat Makan Haji Apud
Tempat Makan 

ini yang terjadi sama gue ketika beberapa waktu lalu ke cirebon bersama keluarga. memang ketika gue sampai ke cirebon ada begitu banyak pedagang yang menjajakan makanan khas cirebon sampai ngebuat bingung. awalnya gue beli makanan khas cirebon yaitu empal gentong di pinggiran jalan entah kenapa rasanya sangat amat kurang dilidah gue sampai gue ngejudge seperti ” makanannya engga terlalu cocok sama lidah gue”

kebetulan sopir kami waktu itu orang asli cirebon dan dia bercerita kalau di cirebon itu ada 2 tempat makan khusus empal gentong yang terkenal yaitu empal gentong krucuk dan empal gentong Haji Apud. menurut dia kedua tempat itu selalu ramai setiap harinya dan empal gentong krucuk adalah tempat makan empal gentong paling lama di cirebon menurutnya. gue sampai penasaran dengan kedua tempat tersebut akhirnya gue mengunjungi keduanya. pertama gue datang ke empal gentong krucuk dan kedua gue dateng ke empal gentong haji apud. kedua tempat ini ketika gue dateng memang ramai sekali tetapi dari letak strategis menurut gue sendiri empal gentong haji apud mempunyai keunggulan sendiri karena tempatnya dekat dengan pintu tol sehingga tidak heran banyak turis lokal yang mampir ke empal gentong haji aput.

Empal Gentong haji apud Cirebon-4
Empal Gentong haji apud

dari menu yang ditawarkan kedua tempat tersebut tidak jauh berbeda. empal gentong selalu menjadi pilihan menu utama. dan rasa keduanya juga enak tapi menurut gue pribadi empal gentong krucuk lebih menjadi favorit dari segi rasa tapi itu juga tergantung selera masing masing yaa. di empal gentong haji apud tempatnya lumayan luas sehingga untuk waiting list bisa diminimalisir karena itu juga empal gentong haji apud menjadi tempat makan paling ramai dan terkenal untuk turis lokal yang datang ke cirebon.

Empal Asem Haji Apud cirebon
Empal Asem Haji Apud 

gue sendiri ketika datang ke haji aput memesan makan dengan menu empal gentong, empal asem, dengan sate kambing dan minumnya es jeruk. rasa dari empal gentong haji apud enak dan dagingnya pun sangat lembut serta kuah tidak terlalu berat di tenggorokan. adapun untuk empal asem ala haji aput rasanya menurut gue seperti Sop daging yang biasa. asemnya tidak terlalu menonjol sehingga kurang segar menurut gue. untuk sate kambingnya sendiri rasanya sangat lembut dan bumbunya sama saja seperti bumbu sate pada umumnya.

untuk loe yang ingin ke cirebon mungkin empal gentong haji apud bisa menjadi pilihan dengan daging yang gue jamin lembut dan dengan perpaduan santan yang membuat gurih gurih nyoooy dan empal asemnya yang tidak kalah menariknya ditambah dengan pilihan sate kambing dengan bumbu kacang yang halus dan enak. gue jamin engga akan menyesal untuk mencoba empal gentong khas cirebon. memang empal gentong juga ada di beberapa kota seperti jakarta tapi makan di tempat asalnya rasanya tidak terganti deh. dan jangan lupa check kolesterol dan kesehatan ya karena semua serba daging ! hahaha

 

Nikmati Selagi Kamu Bisa

Dandy Siswandy

7 thoughts on “Empal Gentong Haji Apud Cirebon : Paling Ramai Dan Terkenal Di Cirebon

Leave a Reply