Desa Air Terjun Geopark Ciletuh Sukabumi

puncak-darma-geopark-ciletuh-sukabumi
Puncak Darma

Geopark Ciletuh Sukabumi Merupakan Kawasan batuan tertua di pulau jawa. konon katanya batuan tertua di kawasan geopark ciletuh ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Geopark ciletuh sendiri terletak di selatan – timur teluk pelabuhan ratu sukabumi, jawa barat. dan mempunyai luas kurang lebih 3900km. luas banget kan bahkan luasnya sampai ke ujung genteng. geopark ciletuh ini sudah diakui oleh UNESCO sebagai taman nasional geopark namun saat ini dinas pariwisata sedang mengajukan geopark sebagai salah satu geopark international. #guedukungpariwisataindonesia

Mungkin yang membuat geopark ciletuh ini unik adalah teluk yang langsung menghadap teluk indonesia dimana aliran sungai ciletuh bermuara diteluk ciletuh ini. dan asal usul nama ciletuh diambil dari kata leuteuk dan keruh yang mempunyai arti air yang berlumpur dan keruh. So jangan heran laut atau pantai disini sangat berlumpur karena memang laut disini merupakan muara dari sungai ciletuh yang sudah keruh.

namun yang unik di geopark ciletuh ini khususnya di desa ciemas ada banyak sekali air terjun. berdasarkan informasi dari warga setempat yang juga salah satu pemandu pariwisata. di kawasan geopark ciletuh sukabumi terdapat total 13 air terjun. namun semuanya masih belum di eksplore dan belum bisa diakses tanpa panduan dari warga setempat. saat ini hanya beberapa air terjun saja yang bisa dikunjungi. terus air terjun apa saja yang terdapat di geopark ciletuh ini.

Air Terjun Cimarinjung

air terjun Cimarinjung geopark ciletuh sukabumi
Air Terjun Cimarinjung

Air terjun cimarinjung adalah air terjun yang terletak di desa ciemas, sukabumi sudah terlihat ketika loe mengunjungi pantai palangpang. tebing besar disekelilingnya dan batuan berlumut kehijauan adalah salah satu daya tarik dari air terjun cimarinjung ini. dan biasanya ketika loe ingin menuju puncak darma. curug atau air terjun cimarinjung sudah menunjukan pesonanya terlebih dahulu. air terjun cimarinjung salah satu tempat yang wajib loe kunjungi di geopark ciletuh sukabumi.

Air Terjun Dogdog

airterjun-dogdog-geopark-ciletuh-sukabumi
Air Terjun Dogdog

Air Terjun dogdog namanya. memang unik banget namanya dan sedikit menyeramkan. tapi jangan berpikir air terjun dogdog ini disekelilingnya banyak anjing(dog). it’s just name buddy.

Air terjun dogdog bisa loe jumpai ditengah perjalanan menuju puncak darma. memang aksesnya sedikit sulit namun jika loe melihat dari dekat akan sangat terpukau dengan aliran tangga dari air terjun dogdog ini. air terjun dogdog letaknya masih di kecamatan ciemas, sukabumi

Air Terjun Nelempet

airterjun-nelempet-geopark-ciletuh-sukabumi
air terjun nelempet

Air terjun nelempet ini masih satu aliran dengan air terjun dogdog namun saat ini air terjun nelempet ini hanya bisa dinikmati dari kejauhan karena belum mempunyai akses menuju kesana. loe bisa menikmati air terjun nelempet ini dari puncak darma. air terjun nelempet terdapat 2 aliran air dari kanan dan kiri yang jatuh dan berakhir di air terjun cimarinjung. mungkin jika sudah dibuka air terjun nelempet ini akan menjadi salah satu wisata alam yang wajib dkunjungi.

Air Terjun Awang

air terjun-awang-geopark-ciletuh-sukabumi
air terjun awang

Air terjun awang  dikenal sebagai niagara mini dari sukabumi. karena jika loe berkunjung ke air terjung awang saat di musim hujan airnya akan mengalir dari setiap sisi tebing. jadi engga heran air terjun awang dijulukin niagara mini. air terjun awang juga masih terletak di kecamatan ciemas, sukabumi. pemandangan hamparan persawahan sangat terlihat jelas ketika loe ingin menuju air terjun awang. aliran air terjun awang masih satu aliran dengan air terjun tengah dan hanya berjarak beberapa meter saja.

Air Terjun Tengah

air terjun-tengah-geopark-ciletuh-sukabumi
air terjun tengah

Air terjun tengah masih berada di satu aliran sungai yang sama dengan air terjun awang. loe harus melewati tengah tengah sawah untuk menuju air terjun tengah. air terjun tengah juga masih berada di kecamatan ciemas, sukabumi. dan paling mengasikan dari air terjun awang ini loe bisa menikmati air terjun ini dari atas atau sejajar dengan aliran air ketika jatuh. namun airnya sangat berlumpur dan sangat keruh saat musim hujan tiba.

Air Terjun Sodong

airterjun-sodong-geopark-ciletuh-sukabumi
air terjun sodong

Air terjun sodong adalah favorite gue yang sebelumnya sudah gue ceritakan sebelumnya. akses yang sangat mudah dijangkau. loe sudah bisa melihat air terjun sodong dari tempat parkir. fasilitas seperti gazebo dan toilet-pun seudah ada. mungkin jika berangkat bareng keluarga air terjun sodong bisa dijadikan air terjun paling di rekomendasikan ketika datang ke geopark ciletuh sukabumi. air terjun sodong masih di dalam kecamatan ciemas, sukabumi.

uniknya air terjun sodong loe akan terlihat 3 aliran yang jatuh. berawal dari air terjun satu yang diatas dan membelah menjadi 2 aliran air. di air terjun sodong juga loe bisa bermalam dengan mendirikan tenda di depan ataupun di dekat pohon yang berada disamping air terjun sodong.

Air Terjun Cikanteh

airterjun-cikanteh-geopark-ciletuh-sukabumi
air terjun cikanteh

Air Terjun Cikanteh bisa dicapai dengan menapaki jalan kecil yang berada di samping air terjun sodong dan sedikit melewati jembatan bambu. air terjun cikanteh merupakan air terjun tercantik di kawasan geopark ciletuh sukabumi. karena aliran airnya yang menyebar secara merata dari tebing tebing tinggi.

Banyak sekali kan air terjun yang berada di desa ciemas ini. namun yang bisa loe lihat dan dinikmati hanya ada 7 air terjun dan masih terdapat 6 air terjun lagi yang belum bisa dibuka aksesnya. jadi tidak heran ciemas merupakan kecamatan dan desa air terjun.

semoga kedepannya untuk akses air terjun di kecamatan ciemas sudah semuanya dibuka aksesnya untuk menjadi wisata alam baru dan menjadikan geopark ciletuh sukabumi semakin mempunyai daya tarik pariwisata khususnya disukabumi. Sebenarnya masih ada 1 air terjun lagi yang bisa dikunjungi yaitu air terjun puncak manik. tapi ketika gue kesana tidak ada penjaga parkir sama sekali sementara gue harus berjalan sekitar 15 menit menuju air terjun puncak manik. karena takut motor gue yang hilang akhirnya gue batalkan untuk berkunjung kesana.

Setiap Air Terjun Mempunyai Keunikan Masing Masing
Dandy Siswandy

 

 

18 thoughts on “Desa Air Terjun Geopark Ciletuh Sukabumi

  • November 9, 2016 at 9:46 pm
    Permalink

    Yang nelempet keren, kok gw waktu ke ciletuh ngak tau curug yg itu yaaa. Apa mesti gw balik lagi ??? #LaluKaesangLelah

    Reply
  • November 10, 2016 at 4:43 pm
    Permalink

    Pas ke Sukabumi aku ga sempet ke Ciletuh, duuh jadi pengen kesitu juga. Semoga kesampean ke Sukabumi lagi.

    Reply
    • November 11, 2016 at 2:47 am
      Permalink

      iyaa kak kesana lagi. bagus kok tempatnya meskipun harus ada effort buat ke tempat wisatanya.

      Terima Kasih Sudah Berkunjung

      Reply
  • November 15, 2016 at 9:31 am
    Permalink

    Pengaruh penggunaan lahan pada bagian hulu sudah parah itu, ditandakan dengan air sungai yang berwarna coklat keruh…
    kalau saat terjadi hujan bisa dikatakan rawan bahaya untuk berkunjung ke tempat-tempat tersebut.

    Reply
    • November 15, 2016 at 9:59 am
      Permalink

      iyaaa kak… memang harus berhati hati kalau musim hujan…

      terima kasih sudah berkunjung

      Reply
  • November 20, 2016 at 12:48 pm
    Permalink

    keren banget itu air terjun. Itu memang warnanya asli coklat orange begitu???

    Reply
    • November 20, 2016 at 3:03 pm
      Permalink

      engga kak… mungkin karena habis hujan jadi warnanya coklat kaya gitu

      Reply
  • December 1, 2016 at 7:26 am
    Permalink

    subhanallah, itu letaknya berdekatan satu area wisata atau bagaimana gan?

    Reply
  • December 2, 2016 at 9:27 am
    Permalink

    Banyak banget air terjunnya.
    Cantik-cantik lagi, cuma airnya agak keruh sih.

    Reply

Leave a Reply