Curug Lalay : Curug Tersembunyi Di Perbatasan Bogor

Green Canyon Mini Bogor
Green Canyon Mini Bogor

Setelah dirasa kurang puas karena belum berendam di curug country akhirnya gue bersama indah, nur, dan bagus pergi ke tempat curug lainnya yang masih dekat dengan curug country yaitu ke curug lalay dan penganten.

Perjalanan dari curug country menuju curug lalay memakan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan.  setelah sampai kami memarkirkan motor kami di samping warung dan berbicara dengan juru parkir disana. Dan dia menjelaskan kalau disini ada 3 wisata yaitu green canyon mini, Curug lalay dan Curug Penganten.

Sekilas yang terlihat dari parkiran hanya green canyon mini karena ada beberapa orang yang mengenakan pelampung. Dan kalau ingin ke curug penganten masih harus melakukan perjalanan kaki sepanjang 7 km dan kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan.

Green Canyon  Mini Bogor2

Karena perjalanan ke curug lalay dan penganten yang agak jauh akhirnya kami memutuskan untuk bermain di green canyon mini dahulu. Untuk tiket masuk ke green canyon mini cukup membayar sebesar Rp 10.000/orang sudah termasuk untuk masuk ke curug penganten.

Dan menyewa pelampung Rp 15.000/pelampung. Disebut green canyon mini memang karena memang trek untuk rafting disini sangat pendek berbeda dengan green canyon yang berada di pangandaraan yang mengharuskan rafting hingga 4 jam lebih.

Walaupun kecil green canyon mini ini mempunyai kedalaman hingga 2 hingga 3 meter jadi buat loe yang tidak bisa berenang wajib mengenakan pelampung. Dan di ujung green canyon mini ada air terjun dan didalamnya ada goa kecil disana.

Curug Green Canyon Mini
Heeeellllpppp Meeeeeeee

Saat itu yang paling takut air dan tenggelam adalah si nur.  Padahal sudah mengenakan life jaket ditambah dia selalu mencari ban atau tube untuk dipegang. Sampai beberapa ekspresinya yang lucu terekam kamera. Dan itu memicu gelak tawa dari kami. Rasanya saat itu ingin menjahilli dia tapi… Yasudahlah… hahaha

Dan hal yang paling mengasikan juga di green canyon loe bisa melakukan cliff jumping dari ketinggian sekitar 5 meter.  Beberapa anak anak sangat berani melompat dan si bagus juga merasakan melompat dari ketinggian tersebut.

Cliff Jump Green Canyon Bogor - Curug Lalay
Cliff Jumping

Sementara gue saat itu merasa insecure entah karena apa gue jadi kurang berani melakukan cliff jumping padahal biasanya gue menjadi orang pertama yang melakukan cliff jumping saat rafting. Dan ketika bagus mencoba dan banyak anak anak yang silih berganti melompat guepun jadi ingin merasakan sensasi melompat dari ketinggian itu.

Tapi sayangnya gue belum bisa melompat dari ketinggian tersebut karena kami harus buru buru menuju penganten.

Setelah membeli beberapa persiapan bekal makan. Kamipun bersiap untuk berangkat trekking ke curug lalay dan curug penganten dan ketika itu waktu sudah menunjukan pukul 1 siang.

Trekking Curug Lalay dan Curugn Penganten
Trekking Menuju Curug

Selama Perjalanan menuju curug lalay dan penganten kebanyakan kami melewati jalur sungai dan bebatuan sungai yang licin dan tajam. Beberapa kali gue kepleset karena menginjak pijakan batu yang licin. Sebaiknya menggunakan sepatu gunung untuk menuju curug lalay dan penganten agar kaki terlindung dan terhindar dari luka dan cedera di tengah perjalanan.

Kami sempat beristirahat sebentar di warung kecil warga di tengah sawah. Dan memesan beberapa botol wine teh untuk menghilangkan dahaga selama perjalanan. Dan kembali melakukan perjalanan karena takut terlalu sore sampai di curug lalay dan curug peganten.

Gunung Batu - Curug Lalay
Gunung Batu

Sebelum sampai di curug lalay kami sudah melewati curug dempet. Disebut curug dempet karena airnya diapit oleh 2 batu besar. Di curug dempet masih sepi sekali dan tidak ada 1 orangpun yang berendam disana.

Curug Dempet

Setelah hampir 2 jam perjalanan kami sampai di curug lalay. Kami seketika langsung membuka bekal kami dan makan di depan curug lalay sambil menikmati indahnya curug lalay dan melihat beberapa orang bermain seluncuran alam di curug lalay.

Curug Lalay Bogor
Curug Lalay

Curug Lalay

Berendam Curug Lalay
Berendam

Curug lalay masih amat sangat bersih dan airnya pun sangat jernih sekali dan dingin. Curug lalay mempunyai 2 tingkatan dan di tingkatan yang kedua loe bisa bermain seluncuran alam yang sangat mengasikan.

Rasanya engga afdol kalau hanya melihat saja. Guepun akhirnya berenang dengan pakaian yang gue kenakan saat itu dan mencoba meluncur dari atas. Rasanya ngeri ngeri sedap gitu. Hahaha

Seluncuran Alam - Curug Lalay
Meluncur

Alhasil gue sendiri yang pulang trekking dengan celana basah basahan saat itu.

Karena kami sudah terlalu sore di curug lalay kami akhirnya batal bermain ke curug penganten. Untuk ke curug penganten seharusnya hanya tinggal 100 meter saja namun dengan trek yang lumayan sulit dengan menaiki tebing dengan kemiringan 45 derajat.

One thought on “Curug Lalay : Curug Tersembunyi Di Perbatasan Bogor

  • June 12, 2017 at 8:55 pm
    Permalink

    Yaaah, saya baru tahu ada curug ini di perbatasan Bogor. Dulu sekali saja ke Bogor cuma main ke IPB, Kebun Raya, sama curug2 di Gunung Bunder aja 😀

    Reply

Leave a Reply