Coto Nusantara Makassar- Paling Ramai Dan Legendaris Di Makassar

Coto Nusantara Makassar
Coto Nusantara Makassar

Pernah ke makassar ? Jika pernah rasanya pasti loe pernah mendengar coto. Yaaps coto merupakan makanan khas makassar yang menjadi makanan favorit warga makassar. Coto nusantara makassar merupakan makanan dengan berbagai daging yang berkuah yang disediakan di mangkuk kecil. Selain menjadi favorite warga makassar coto makassar juga menjadi favorit untuk traveller yang mengunjungi ibu kota provinsi sulawesi selatan.

Dari sekian banyak warung coto yang tersaji di makassar. Ada satu tempat makan coto yang sudah sangat terkenal yang pasti ramai setiap harinya dan rasanya yang membuat orang ketagihan yaitu coto nusantara makassar.

Berkesempatan mengunjungi makassar yang tujuan untuk melakukan pendakian gunung latimojong yang terletak di enrekang sulawesi selatan. Gue terlebih dahulu melakukan wisata kuliner yang ditemani oleh salah satu partner yang memang tinggalnya di makassar sambil menunggu teman teman yang dari jakarta yang baru berangkat di malam harinya.

Coto Nusantara

Dan Coto nusantara makassar menjadi rekomendasi dari teman gue ini. Kami datang sekitar pukul 09.00 di coto nusantara yang letaknya tidak jauh dari pantai losari. Tepatnya di Jl nusantara no. 32 Makassar. Walaupun kami datangnya masih terbilang pagi namun pelanggan setia penikmat coto nusantara ini sudah banyak sekali. Dan sudah memenuhi setiap tempat duduk untuk menikmati hidangan.

Beruntungnya kami ketika sampai. baru saja ada pelanggan yang selesai menikmati makanannya dan kami bisa mendapatkan tempat untuk menikmati coto nusantara ini. Rasa lapar dan penasaran ingin mencoba tiba tiba meningkat karena wangi makanan yang menggoda dan tampak daging cacahan yang dilakukan persis di depan toko sehingga membuat orang lain bisa melihatnya dengan jelas ingin segera memesan dan menyatapnya.

Ramainya Pelanggan Setia Coto Nusantara
Ramainya Pelanggan Setia Coto Nusantara

Pelayan coto nusantara makassar dengan sigap menghampiri kami dan menanyakan coto apa yang ingin kami pesan. Coto nusantara ini menyediakan 2 pilihan coto yaitu coto daging atau coto campuran. Perbedaannya hanya pada isinya saja. Jika coto daging memang full pure daging saja namun jika coto campuran seperti namanya dicampuran dengan jeroan.

Coto Campuran
Coto Campuran

Saat itu gue memesan coto jeroan dan partner gue yaitu mas azhar memilih coto daging. Tidak lebih dari 5 menit hidangan kami sudah dihidangkan di atas meja kami yang tempati. Disana sudah ada ketupat yang uniknya dibungkus dengan daun pandan yang biasanya dibungkus dengan daun kelapa. Dan tersedia banyak sekali jeruk nipis sehingga kalau loe yang menyukai asam bisa menambahkan jeruk nipis tersebut ke makanannya.

Dan menurut teman gue ini. Orang orang makassar atau sulawesi selatan sangat suka sekali mencampurkan berbagai macam makanan dengan jeruk nipis ini. Tapi ini tergantung selera kalian sih.

Ketupat Yang Dibalut Dengan Pandan - Coto Nusantara
Ketupat Yang Dibalut Dengan Pandan

Rasa rempah yang gurih langsung terasa seperti kaldu dengan kuah yang tidak kental sehingga ringan dan tidak membuat nek. Tambahan dengan ketupat yang wanginya terasa berbeda dicelupkan bersamaan kuah coto nusantara. Duaar rasanya seperti perpaduan sempurna untuk sebuah makanan seperti hubungi kita yang terlihat sempurna #dikeplakpacar

Mas azhar begitulah panggilannya. memberikan saran untuk mencoba makan dengan ala orang makassar aslinya yaitu menambahkan perasan jeruk nipis ke dalam coto. Karena penasaran akhirnya gue mencoba mengambil satu potongan jeruk nipis yang sudah dipotong potong dan memerasnya hingga cairan asam berpadu dengan kuah gurih coto yang sedang gue makan.

Coto Daging - Coto Nusantara Makassar
Coto Daging

But honestly. Gue kurang suka dengan rasa perpaduan asam dan gurih yang dihasilkan. Menurut gue menjadi hilang rasa gurih yang kuat dari coto yang sedang gue nikmati. Walaupun begitu gue tetap menghabiskannya dengan lahap.

Coto nusantara ini bener bener gue khilaf untuk berhenti makan sampai sampai gue nambah untuk porsi cotonya lagi namun dengan coto dagingnya kali ini. Rasanya tetap sama konsistensi gurih dari kaldunya melekat dengan kuat dan kali ini gue tidak menambahkan satu jeruk nipis pun sehingga gue menikmatinya dengan rasa original. I love original taste of coto.

Untuk harga coto di coto nusantara-nya sendiri tidak terlalu mahal. Hanya dengan 23.000/porsi. Loe sudah mendapatkan coto yang gurih dengan daging yang banyak sekali meskipun mangkuknya menurut ukuran gue sedikit kecil sih. Dan potongan ketupatnya hanya dihargai 2000/ketupat. Murah Gila kan !

Jadi yang sedang travelling ke makassar rasanya sayang sekali jika melewatkan makan di coto nusantara makassar yang paling ramai dan legendaris menurut gue seantero makassar. Bayangin aja seusai gue turun pendakian dan hendak pulang ke jakarta. Gue mampir lagi bersama teman teman pendaki lainnya.

 

Menikmati Makanan Khas Memang Wajib Dicoba

Leave a Reply