Cerita Lika Liku Perjalanan Menuju Replika SD Muhammadiah Laskar Pelangi

Replika SD Muhammadiah Laskar Pelangi Belitung
Replika SD Muhammadiah Laskar Pelangi

Masih inget kan film tentang laskar pelangi yang dirilis tahun 2008 ? Film yang diadaptasi dari novel karya andrea hirata yang juga asli orang belitung. Di film tersebut ada scene dimana anak anak belitung menempuh pendidikan di sekolah muhammadiah laskar pelangi. Sekarang replika SD muhammadiah laskar pelangi juga mendadak terkenal sebagai salah satu destinasi jika loe berkunjung ke kepulauan belitung.

Sesampai di kepulauan belitung dari bandar udara hanandjoeddin sekitar jam 10 pagi. Gue bersama sahabat SMA gue serta ceweknya langsung menuju hotel yang sudah kami pesan di daerah tanjung pandan. Sesampainya dihotel kami langsung membawa motor yang sudah kami sewa kepada pihak hotel untuk berkeliling kota tanjung pandan dan menikmati mie belitung yang paling terkenal yaitu Mie Atep.

karena hari itu hari jumat kami harus menunaikan ibadah sholat jumat terlebih dahulu yang rencanannya setelah sholat jumat kami langsung bergegas menuju belitung timur untuk melihat replika SD muhammadiah laskar pelangi yang terkenal itu.

Bentuk SD Muhammadiah Laskar Pelangi

Sialnya sehabis sholat jumat  dan baru saja melakukan perjalanan sedikit cuaca kurang mendukung dengan hujan yang sedikit lebat. Sementara jas hujan yang disediakan hanya ada 2. Jadi kami harus mencari jas hujan tambahan agar bisa langsung melanjutkan perjalanan tapi mencari jas hujan dibelitung tidak semudah mencari jas hujan di jakarta.

Semua warung kecil dan belitung mart yang kami singgahi tidak menjual jas hujan dan kebanyakan mereka bilang bila stock jas hujannya sedang habis. Kami akhirnya melanjutkan perjalanan jika hujan sudah reda namun jika lebat kembali kamipun harus meneduh kembali.

Sekitar 30 menit berlalu akhirnya hujan pun sudah tidak menyapa kami kembali. Gue dengan sahabat SMA gue ini yang bernama Adjie langsung buru buru dengan laju motor yang kencang menuju belitung timur. Untuk menuju belitung timur khususnya replika SD muhammadiah laskar pelangi ini membutuhkan kurang lebih 2 jam perjalanan.

Ruang Kelas SD Muhammadiah Laskar Pelangi

Jalan menuju replika SD muhammadiah laskar pelangi terbilang sangat mulu sehalus paha idol kpop korea tanpa ada satupun jalan yang rusak. Mungkin karena kondisi lagi sangat exciting kala itu sahabat gue ini membawa motor dekat sangat kencang sampai sampai gue ketinggalan dibelakang namun ketika berusaha mengejar tiba tiba saja motor yang dia bawa menjadi pelan dan ada suara seperti didihan air yang direbus di dalam motor.

Setelah kita check dan browsing ternyata penyebabnya karena motornya terlalu panas dan air radiator motornya yang sedikit dan bahkan hampir kering. Tidak lama setelah itu motornya pun mati.

And You Know What !!!

Motor mogok di tengah tengah perjalanan menuju belitung timur yang dimana kanan kirinya jarang sekali ada rumah warga. Damn it !!! Namun karena kami pikir sudah ditengah tengah perjalanan. kami bukannya memilih pulang ke hotel namun kami tetap melanjutkan perjalanan dengan gue bantu step motor sampai menuju bengkel terdekat.

Hampir lama juga kami baru bisa menemukan bengkel motor yang mau menangani motor yang kami bawa. Sekitar kurang lebih 2 jam gue dan si adjie harus silih berganti menstep motornya yang mogok ini. Bisa sampai 2 jam kami baru sampai bengkel yang mau menanganinya karena kami sebelumnya kami sudah menemukan beberapa bengkel namun mereka kurang mempunyai keahlian untuk menanganinya dan bingung juga harus berbuat apa kepada motor mogok yang sahabat gue bawa ini.

Yuuk Belajar Di Replikas SD Muhammadiah Laskar Pelangi
Yuuk Belajar

Dan juga sebenarnya bengkel yang terakhir yang menangani motor adjie ini tidak mau menangani juga karena mereka bilang percuma harus dibawa ke bengkel resminya. Namun kami coba membujuk mekanik bengkelnya untuk mencoba menanganinya dulu terutama menggani air radiator atau air coolant motornya dan mengganti oli motornya.

Kami pun sudah berbicara kepada pihak hotel untuk masalah ini dan pihak hotel mau bertanggung jawab seperti bisa mencari bengkel dan dibenarkan motornya nanti segala biaya akan diganti oleh pihak hotel atau mereka bilang untuk mencari alternative kembali ke hotel dan mencari mobil bak terbuka agar bisa membawa motor beserta kami.

Ada orang yang menawarkan jasa mobil baknya namun setelah bernegosiasi dengan pihak hotel harganya kurang cocok dan pihak hotel pun akhirnya menyuruh salah satu staffnya untuk menjemput kami di jalan.  di sela sela waktu menunggu staff menunggu kami terus membujuk teknisi bengkel yang terakhir kami kunjungi agar bisa mencoba memperbaiki motor sewaan kami terlebih dahulu karena keinginan kami untuk melihat replika SD muhammadiah laskar pelangi.

And Finally.

Mekaniknya pun mencoba dan bersyukurnya motor sewaan adjie bisa berjalan kembali tapi dengan catatan asep motor menjadi lebih ngebul. Dan mekaniknyapun bilang kalau olinya bisa kering kembali tapi dia bilang kalau sekedar mau ke Replika SD Muhammadiah Laskar Pelangi sepertinya tidak masalah asalnya jangan dibawa lebih jauh lagi ditakutkan bermasalah lagi dan susah mencari bengkelnya lagi.

Replika SD Muhammadiah Laskar Pelangi
Berangkat Sekolah Dulu Kita. Haha

Karena Kami penasaran ingin kesana akhirnya kamipun sedikit membandel dan melanjutkan perjalanan ke replika SD muhammadiah laskar pelangi dan menyuruh salah satu staff pihak hotel untuk menunggu kami bila sudah sampai di bengkel kami yang terakhir.

Singkat cerita kami sampai di replika SD Muhammadiah laskar pelangi. Sudah sedikit sekali orang yang berkunjung mungkin karena kami sudah terlalu sore sampainya. Kamipun harus membayar tiket masuk ke replika SD laskar pelangi ini. Dan melihat-lihat lingkungan sekolah dari scene film laskar pelangi.

Sepintas memang tidak ada yang istimewa dari replika SD ini. Tapi replika ini menggambarkan perjuangan anak anak belitung timur untuk mendapatkan pendidikan di sekolah walau dengan tempat yang sangat sederhana.

Dermaga Kirana Atau Ruang Keong
Dermaga Kirana (Rumah Keong)

Mungkin kami hanya sekitar 30 menit saja untuk melihat-lihat dan berfoto bersama di replika SD laskar pelangi. Dan si adjie pun mengajak gue untuk ke dermaga kirana atau rumah keong yang kebetulan lokasinya tepat di depan SD replika laskar pelangi ini.

Rumah Keong - Wisata Depan Replika SD Muhammadiah Laskar Pelangi
Rumah Keong

Waktu kami sampai di depan wisata rumah keong atau dermaga kirana ini sebenernya sudah ditutup tetapi sekali lagi kami diberikan kesempatan oleh penjaganya untuk melihat lihat sebentar dan sekedar berfoto untuk pamer kalau kita sudah pernah ke belitung timur #disambitrumahkeong

Kurang lebih hanya sekitar 15 menit saja kami berkeliling dan menangkap gambar yang dilukiskan ke lukisan digital camera kami. Tapi itu menurut gue sudah cukup memuaskan dikarenakan kendala kami sepanjang perjalanan dan masih bisa sampai dan mendapatkan hasil dokumentasi yang kami inginkan. Namun sayangnya kami belum bisa berkunjung ke kampung ahok dan tempat wisata lainnya khususnya di belitung timur.

Dermaga Kirana - Belitung Timur

Tidak lama berselang staff hotel sudah menelfon kami dan sudah menunggu di bengkel terakhir yang membenarkan motor kami yang mogok. Kamipun bergegas untuk kembali dan menemui staff hotel yang menjemput kami.

Kendala Akan Selalu Ada. Tapi Jawaban Atas Kendala Kamu
Itulah Yang Akan Menjadi Penentu

One thought on “Cerita Lika Liku Perjalanan Menuju Replika SD Muhammadiah Laskar Pelangi

• August 28, 2018 at 2:46 am
    Permalink

ngeselin banget ya pas lagi jelajah eh malah motornya rusak,, untung pihak hotelnya juga baik..