Cara Menghemat Budget Saat Travelling

Menghemat budget saat travelling
Menghemat budget saat travelling

di awal-awal travelling gue sering banget “Boncos” setelah travelling karena biaya selama perjalanan yang selalu diluar perkiraan. namun setelah gue bertemu dengan beberapa traveller baik itu di dalam perjalanan maupun teman dekat. ternyata mereka bisa menghemat budget saat travelling hingga 50% dari budget yang gue perkirakan sebelumnya. Kok bisa ? banyak jalan menuju roma begitu juga banyak cara menghemat budget saat travelling.

Banyak sekali traveller yang membagikan tipsnya cara menghemat budget saat travelling namun tips tips tersebut biasanya dasarnya sama. berikut rangkuman tips cara menghemat budget saat travelling ala gue.

Perencanaan sebelum travelling - menghemat budget saat travelling
Perencanaan sebelum travelling
  • Membuat perencanaan yang matang

Membuat perencanaan atau planning jauh jauh hari sebelum pemberangkatan adalah fondasi dasar untuk menghemat budget saat travelling. lalu apa sih yang bisa kita rencanakan sebelum pemberangkatan ?

Banyak sekali hal hal yang bisa kita rencanakan. seperti transportasi apa yang akan digunakan, tujuan wisata apa saja yang ingin dikunjungi dan lebih baiknya buat itenary perjalanan sesuai rencana perjalanan, lalu mau makan di tempat seperti apa dan penginapan seperti apa yang di tinggali.

Baca Juga : Backpacker Hemat Ke Pulau Bali

hal hal diatas sangatlah penting sebagai acuan untuk membuat perjalananmu agar tidak boncos lagi selama perjalanan. rencanakan itu sebaik-baiknya dan di persiapkan kurang lebih 2 – 3 bulan sebelum perjalanan.

Travelling Bersama - menghemat budget saat travelling
Travelling Bersama
  • Travelling dengan group atau rombongan

Memang bagi sebagian traveller melakukan solo travelling akan lebih mengasikan karena loe bebas melakukan hal apapun seperti pergi kemanapun, makanan dimanapun serta tinggal dimanapun sesukamu namun 1 hal yang bisa dipastikan dari solo travelling loe tidak ada teman untuk sharecost atau patungan biaya selama perjalanan karena melakukan semua hal sendirian termasuk dalam hal biaya ini.

Maka memang sebaiknya jika kamu sedang menghemat budget saat travelling bepergian bersama sama adalah hal terbaik yang bisa dilakukan untuk menekan biaya selama perjalanan. Namun pastikan berpergian dengan teman yang menurutmu keperibadiannya cocok dengan loe kalau tidak, bisa bisa sepulang travelling loe malah bertengkar dan akan memperburuk keadaan.

kebutuhan travelling - menghemat budget travelling
kebutuhan travelling
  • Pastikan kebutuhan selama travelling dibawa

Tunggu dulu ! kebutuhan ? memangnya ada kebutuhan yang wajib dibawa saat travelling ?

yang gue maksud adalah kebutuhan kebutuhan seperti baju, sandals, sepatu, dan lain lainnya terlebih lagi untuk wanita yang biasanya bawaannya lebih banyak seperti body lotion, sikat gigi dan shampo. pastikan kamu sudah membawanya dari rumah sehingga tidak perlu lagi keluar biaya biaya kecil yang harusnya tidak perlu dikeluarkan.

Beraat kakak !

Semua adalah pilihan. tergantung tujuannya. kalau ingin menghemat kenapa tidak ?

naah dari sekian banyak tips tips. 3 hal diatas sudah bisa dijadikan dasarnya untuk menghemat budget saat travelling. dari pengalaman gue saat travelling biasanya terjadi kebocoran budget itu dari faktor nomor 1 yang paling hal krusial. kalau kalian bagaimana ?

Planning = Future

Leave a Reply