Cantik Sih Pantai Santolo. Tapi….

Pantai Santolo

Pantai Santolo adalah pantai pasir putih yang terletak di sebelah selatan Garut. Terletak di kecamatan Cikelet, Garut. Untuk ke pantai santolo sendiri bisa diakses sekitar kurang lebih 4 jam perjalanan dari kota garut dengan trek yang cukup berlika-liku dan naik turun seperti di Puncak, Bogor.

Pantai santolo saat ini sudah menjadi salah satu tempat wisata yang paling diminati di garut karena  pasir putih dan pemandangan yang indah sekilas pemandangan pantai ini mirip dengan gili trawangan yang berada di lombok. Tapi dengan kondisi yang tidak terorganisir dengan baik.

Pantai Santolo-1
View Santolo Beach

Kondisi Parkir yang semraut sudah terlihat ketika sampai di sepanjang pantai, terlihat jajaran mobil terparkir hampir disepanjang jalan raya pantai ditambah lagi para pedagang yang menjajakan seluruh dagangannya hampir disepanjang pantai. Beberapa sampah tentunya bisa menjadi masalah dari kondisi para pedagang yang berdagang disepanjang pantai santolo ini.

Di sisi lain pantai santolo mempunyai daya tarik tersendiri untuk para penikmat jalan jalan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan di pantai ini seperti berenang dipinggir pantai yang memang ombak di pantai ini tidak terlalu berbahaya, bermain banana boat hingga bermain surfing belum lagi ketika sore hari loe bisa menikmati pemandangan yang selalu ingin gue lihat kalau ke pantai yaitu Sunset View.

Pantai Santolo-3
Bermain Banana Boat

Asal Nama Santolo

Pantai Santolo Sendiri namanya mungkin berasal dari sebuah pulau yang berada dekat pantai cilauteureun yang bernama santolo. Bagi warga sekitar pantai santolo biasa disebut Pantai Pameungpeuk. Selain untuk Obyek wisata pantai ini juga disekitarnya biasa digunakan oleh nelayan sekitar untuk menjaring ikan maka tidak heran banyak perahu nelayan di pinggir hingga tengah pantai santolo garut ini.

Ada yang unik juga di pantai ini karena jika air laut sedang pasang maka yang biasanya air mengalir ke hilir maka akan terjadi sebaliknya. Air laut akan mengalir ke sungai tepatnya di sungai cilauteureum. Ini bisa terjadi karena bibir sungai cilauteureum akan lebih rendah jika air laut pantai sedang pasang.

Pantai Santolo-4
Fisherman

Akses ke Pantai Santolo

Menuju pantai santolo kemarin gue melalui jalur bandung – Garut – Cihurip – Cisompet – Leuwinanggung tinggal lurus terus menuju kecamatan cikelet. Ada juga jalur alternatif lainnya seperti Cianjur – Cidaun – Rancabuaya dan Menuju Santolo.

Di sepanjang jalan menuju santolo gue malah terkendala dengan sinyal internet namun ketika sampai santolo sinyal internet sangat kuat bahkan internet berkualitas 4G sudah tersedia di pantai santolo. Biaya retribusi atau Biaya Masuk ke pantai sekitar Rp 10.000/orang dan biaya parkir Rp 5.000/kendaraan.

Pantai Santolo-5
Kapal Nelayan

Dengan Potensi alam yang ada di pantai santolo garut sudah selayaknya diberikan dan dibangun fasilitas yang sangat memadai dan terorganisir maka akan terlihat lebih berkelas sehingga di masa yang akan datang akan lebih banyak lagi traveller atau pelancong yang bisa menikmati pantai yang indah dan bersih khususnya di jawa barat.

Sekarang loe bayangin kalau ketemu cewek cantik rupanya tapi Giginya kuning atau badannya bau amis/ketek ? gue pastikan loe juga akan kabur kan. Begitu juga dengan tempat wisata. Kalau awalnya indah tapi tidak bisa dikelola dengan baik maka pelancong atau traveller pun lambat laun akan males berkunjung kesana. So Pastikan Semua tetap terjaga dengan indah tanpa ada hal yang lain menggangu.

 

Memperbaiki diri adalah hal wajib untuk menjadi lebih baik

Dandy Siswandy

5 thoughts on “Cantik Sih Pantai Santolo. Tapi….

  • March 17, 2017 at 4:48 am
    Permalink

    pernah saya jelajah pantai garut bawa keluarga … pantainya indah2 … termasuk view dari puncak guha .. kerenn
    waktu itu ewat yang jalur garut … jalannya berkelok kelok seru. Potensi alamnya sangat indah setuju supaya leih maju memang butuh infrastruktur yang lebih oke … terutama jarigan internet ya … 🙂

    Reply
    • March 17, 2017 at 8:58 am
      Permalink

      iyaa betul jangan sampe potensinya di sia siakan begitu aja…

      puncak guha ? dimana tuh kak ?

      Reply
  • March 20, 2017 at 4:26 pm
    Permalink

    waah blm prnh kesini… kalo ke garut aku lbh seneng kulineran dan ke kolam air panasnya itu mas :D.. ntr ah sesekali main ke pantainya jg… tp bener yg kamu tulis… kalo tempat wisatanya cakep, tp fasilitas pendukungnya kurang, rada malas sih mau balik lg :D.. kayak waktu aku ke curug malela di bandung tuh… luar biasa cakep, tp nyebelin bgt aksesnya… luarbiasa rusak… jdinya aku udh males kalo mau dtg sekali lg.. cukup 1x ;p

    Reply
    • March 21, 2017 at 3:24 am
      Permalink

      bener banget. beberapa tahun yang lalu ke curug malela juga tapi engga sempet sampe curugnya baru sampe desanya. jalannya paraah bangeet ancurnya, malah balik lagi nyari tempat wisata yang lain.

      Reply

Leave a Reply