Body Rafting Citumang – Yakin Punya Nyali ?

Body rafting citumang - Curug Citumang
Curug Citumang

Rasanya engga lengkap kalau ke pangandaraan hanya menikmati pantai saja. Biasanya orang ke pangandaran juga akan menikmati wisata airnya seperti body rafting. karena disana banyak sekali tempat wisata untuk bermain air untuk bermain rafting seperti green canyon, tube rafting santira, dan body rafting citumang.

Baca juga : Antara Kegirangan Dan Ketakutan di Green canyon pangandaraan 

Naah kemarin kebetulan gue punya kesempatan berkunjung kembali ke pangandaran. Dan tentu saja rafting menjadi agenda yang sangat disayangkan jika terlewat dan kali ini gue rafting bersama saudara gue di Green Valley Citumang.

Gerbang Green Valley Citumang
Gerbang Green Valley Citumang

Green valley citumang ini letaknya tidak terlalu jauh dengan pantai batu hiu. Dan patokannya adalah jalan disamping indomaret kita terus masuk saja. Nanti ada pertigaan untuk mengarahkan parkiran 1 dan parkiran 2. Untuk saran gue sebaiknya menuju parkiran 2 saja karena kita tidak perlu jalan terlalu jauh ke tempat awal kita body rafting nantinya dan parkirannya pun luas.

Di sekitaran green valley citumang ini sudah banyak sekali dibangun fasilitas fasilitas pendukung seperti tempat makan, kamar mandi, tempat penitipan bahkan sampai tempat penginapan. Dan fasilitas fasilitas tersebutpun sudah bisa dikelola dengan sangat baik dan bersih.

Body Rafting  Citumang - Green Valley Citumang
Green Valley Citumang

Untuk tiket masuk body rafting citumang ini dikenakan 100.000/orang sudah termasuk guide. kalau mau dengan tambahan makan bisa menambah uang 25.000/orang dengan lauk pilihan bisa ikan ataupun ayam. Kemarin gue ambil paket dengan makan jadi masing masing kena 125.000/orang.

Dan sesudah membayar tiket masuk kami akhirnya di temani oleh salah satu guide bernama pak supri. Kami awal awal harus berjalan kaki sebentar terlebih dahulu menuju tempat awal body rafting di citumang ini. Namun sebelum kami bermain rafting kami bisa menikmati terapi kolam ikan yang disediakan.

Terapi Ikan - Body Rafting Citumang
Terapi Ikan Sebelum Rafting

Katanya terapi tersebut agar tidak kaget nanti kalau ketika rafting ada ikan terapi yang menghampiri kita. Jujur ini pertama kali gue ngerasain terapi ikan. Rasanya geli sekali seperti dikelitikin telapak kaki dan tidak sakit. Gue melakukan terapi ikan ini kurang lebih 5 menit.

Barulah kami mulai body rafting citumang ini. Pertama tama kita mulai dengan masuk ke goa citumang. Kami harus melalui batu yang sudah diikat dengan tali dan sedikit melawan arus air.

Setelah itu barulah loe tantangan sesungguhnya di kegiatan body rafting citumang ini yaitu cliff diving atau melompat dari ketinggian 7 meter langsung ke air. Kalau loe punya nyali dan suka tantangan yang menaikan adrenalin loe harus coba untuk tantangan ini.

Body Rafting Citumang
Spot Lompatan 7 Meter

Tidak seperti ketika di green canyon pangandaran tantangan untuk melompat dari ketinggian baru didapat ketika kita sudah dipertengahan jalan atau rafting namun body rafting citumang langsung diawal rafting sudah disajikan uji nyali seperti ini.

Untuk naiknya pun harus sedikit berhati hari karena kita menaiki sebuah akar akar pohon yang menjalar yang besar besar sekali dan kuat tapi karena basah sedikit agak licin. So pijakan yang tepat dan pegangan yang kuat untuk menaikinya yaa. Nanti diatas di pinggiran mulut goa kita langsung terjun bebas ke air dengan ketinggian kurang lebih 7 meter.

Naah diantara kami yang mencoba melompat di tantangan awal cuma gue doang. Sementara yang lain tidak berani mencoba. Memang kalau dilihat dari bawah tidak terlalu tinggi ketinggiannya namun ketika sudah sampai diatas lumayan ngebuat otot otot kaki dan badan lemes men. Soalnya ASLI TINGGI BANGEEEETTT.

Namun untuk spot mendarat loe engga terlalu khawatir karena kedalaman air yang sangat cukup dalam sehingga aman dan tidak akan menimbulkan cedera kalau loe mendarat di tempat yang tepat. Biasanya guide loe akan menemani dan memberikan arahan untuk cara melompat dan titik yang aman untuk mendarat.

Lompat dari Ketinggian 7 meter - body rafting citumang
aaarrrrrrrhhhhhhh

Saran gue kalau loe engga berani melompat sebaiknya jangan naik terlebih dahulu karena turunnya sangat sulit sehingga mau engga mau harus melompat langsung ke air. Ketika gue lompat rasanya seperti melayang layang dan seketika byuuurrrrrrrrrr…….bluuuup…bluuuup…bluuuup

Rasanya LEGA BANGEEET dan NAGIH BANGEEET. Seriusan kalau loe udah sekali mencoba rasanya engga akan seseram ketika cewek loe lagi marah pertama kali mencoba. So you have to try this challenge.

Masuk Goa Citumang - Body Rafting Citumang
Masuk Goa Citumang

Selanjutnya kami masuk ke kedalaman Goa citumang sampai benar benar mentok ke ujungnya. Gelap dan stalagmit menjadi pemandangan di ujung goa citumang ini. Dan yang paling buat kami penasaran adalah sumber mata air goanya katanya tepat berada di bawah kaki kami dengan kedalaman sekitar 12 meter. Gokil dalam banget yaa.

didalam goa ini kami hanya mengambil foto sebentar saja karena kamera kami yang hanya bermodalkan action cam dan smartphone yang tentunya akan jelek atau susah mengambil foto di dalam kegelapan. Dan pak supri menyuruh kami membuat seperti kereta yang saling terhubung satu sama lain dan di depannya di tarik oleh pak supri hingga keluar goa.

Body rafting citumang - Curug Citumang
Curug Citumang

 

Lompat Bersama Si Ombooy
Lompat Bersama Di Curug Citumang

Lanjut lagi ditantangan kedua yang kembali melompat lagi dari atas air terjun citumang ini. Air terjun citumang ini tidak terlalu tinggi namun alirannya sangat deras sekali. Disini lama banget asli karena nunggu abang gue sama teh nevi kaga jadi jadi lompat. hampir 15 menit lebih nunggu mereka lombat doang. haha

Cuma si indah saja yang berani lompat bareng gue itu juga terhitung lama karena ketakutan. Udah gitu lompatnya salah lagi malah badan duluan yang lompat dan kakinya nyamping 😅😅😅

Dan ada lagi tantangan ketiga untuk bergelayutan di tali yang di ikatkan diatas pohon dan kita lepas di tengah ataupun ujung ketika sedang bergelayutan. Dan lagi lagi yang nyoba cuma gue sama si indah saja. 😄😄

Bergelayutan di Body rafting citumang
Auoooo

Sesudah itu kami hanya mengikuti aliran air sungai citumang dan mengabadikan beberapa foto sepanjang citumang. Kebetulan ketika kami datang airnya sedang bagus bagusnya menurut pak supri yang bisa dilihat dari warnanya yang hijau bening biasanya kalau musim hujan itu warnanya agak coklat.

Spot Lompatan 10 Meter
Spot Lompatan 10 Meter

Dan diakhir menuju finish ada lompatan yang lebih tinggi lagi dengan ketinggian 10 meter dari atas sebuah pohon. Tetapi untuk menaikinya benar benar sulit karena hanya bermodalkan tangga tali menuju keatas pohon selalu bergoyang goyang ketika naik. Gue pun mengurungkan niat untuk naik ke atas pohon tersebut.

Hanya ada beberapa orang dari rombongan lain yang berhasil naik dan melakukan cliff jump dari ketinggian 10 meter. Padahal gue kepengen banget nyobain lompat lagi tetapi karena kendalanya agak sulit akhirnya harus diikhlaskan saja. #sudahlah

Body Rafting Citumang

Dan terakhir kami membuat lingkaran dan mengambang untuk diabadikan sebagai sebuah foto yang diambil oleh pak supri dari pinggir. Jadi buat kamu yang punya nyali dan suka tantangan sepertinya engga salah mencoba cliff diving di sungai citumang ini.

Rasa takut itu diperlukan untuk melindungi kita, Tapi Jika dibiarkan kita akan terus ditakuti olehnya

 

2 thoughts on “Body Rafting Citumang – Yakin Punya Nyali ?

  • December 13, 2017 at 4:15 am
    Permalink

    Haduh kalau gue gak berani euy lompat2,, apalagi di ketinggian segitu.. penasaran juga padahal haha..

    -Traveler Paruh Waktu

    Reply
    • December 18, 2017 at 7:25 am
      Permalink

      itu juga udah mau nyerah rasanya sampai atas kak. Tapi turunnya susah. Jadi terpaksa lompat. haha

      Reply

Leave a Reply