Berbagai keistimewaan Danau Sagara Anak

danau-sagara-anak-gunung-rinjani-1
Danau Sagara Anak

Danau Sagara Anak – Kalau loe melakukan pendakian ke gunung rinjani pasti akan melintas atau melihat sebuah danau yang menawan dan cantik itulah Danau Sagara Anak. 

Danau sagara anak merupakan Danau yang terletak di ketinggian kurang lebih 2000 Mdpl. dan tepat di bawah gunung merapi aktif yaitu gunung baru jari. asal usul nama dari danau sagara anak dari 2 kata yang diambil dari bahasa jawa sagara/segara yang mempunyai arti Laut dan anak yang berarti anak. sehingga membentuk arti anak laut. dinamakan anak laut mungkin dikarenakan warna dari air danau ini yang berwarna kebiruan seperti laut. namun warna kebiruan ini akan terlihat sangat jelas jika dilihat dari Ketinggian.

danau-sagara-dari-puncak-gunung-rinjani
Dari Puncak Gunung Rinjani

Danau Sagara anak memang mempunyai daya tarik bagi para pendaki di gunung rinjani. biasanya para pendaki akan menyempatkan diri untuk bermalam di danau sagara anak. banyak banget alasan bagi para pendaki untuk mengunjungi danau ini dari mulai ingin menikmati pemandangan sekitar danau sampai hanya ingin untuk memancing di sagara anak. mungkin memang itu salah satu keistimewaan danau sagara anak selain pemandangan yang cantik. di sagara anak sangat banyak sekali ikan ikannya. bahkan yang memancing di danau sagara bukan hanya para pendaki namun juga penduduk desa. Penduduk desa rela untuk menaiki gunung rinjani hanya untuk memancing di sagara anak. ketika gue kesana tidak heran kalau ada penduduk yang mendapatkan hampir 1 karung ikan hasil tangkapan di sagara anak.

ikan-di-danau-sagara-anak-pendakian-gunung-rinjani
Ikan Hasil Tangkapan

keistimewaan danau sagara anak lainnya yaitu dijadikan sebagai tempat upacara ritual adat hindu dan desa sasak. danau sagara diyakini oleh umat hindu dan penduduk desa adat yang dikenal dengan desa sasak merupakan tempat sakral yang mempunyai keyakinan bahwa danau tersebut adalah tempat para jin atau penunggu gunung rinjani.

Disana sering diadakan upacara suci oleh umat hindu lombok maupun penduduk desa sasak. upacara tersebut rutin dilakukan setiap tahunnya. contoh seperti upacara mulang pakelem. upacara tersebut biasanya dilakukan oleh umat hindu yang berada di lombok untuk meminta kepada dewi anjani untuk menurunkan hujan dengan cara mempersembahkan sesajen, menyembelih hewan hingga melemparkan emas ke dalam danau sagara anak. tapi jangan sekali kali yaa untuk mencari emas di danau ini karena banyak sekali kejadian yang menceritakan orang yang berenang dengan niat mencari emas akan linglung dan tersesat. karena banyak sekali orang yang bilang kalau di tengah danau sagara ada gerbang dunia lain. tapi itu sih percaya atau engganya terserah loe yaa.

danau-sagara-anak-gunung-rinjani-3
Gunung Baru Jari di sagara anak

Gunung Baru jari merupakan gunung merapi yang masih aktif. gunung ini tepat berada di atas danau sagara anak. mungkin ini juga yang paling membuat danau sagara anak unik dan menarik di mata para pendaki. sangat jarang sekali danau yang ada gunung merapi aktif di sekitarnya. gunung baru jari memberikan keistimewaan tersendiri untuk pemandangan eksotis danau sagara.

danau-sagara-anak-gunung-rinjani-4
Danau Sagara anak di pagi hari

Kolam air panas dan air terjun merupakan keistimewaan lainnya untuk para pendaki gunung rinjani yang akan menginap di sekitar danau sagara anak alangkah baiknya loe memanjakan tubuh dengan mandi di kolam air panas ataupun di air terjun. namun untuk ke kolam air panas ini para pendaki harus melakukan perjalanan sekitar 1 sampai 2 kilometer dari sagara anak. akan sangat terasa menyenangkan ketika memanjakan tubuh disini karena sudah berjuang untuk melakukan pendakian gunung rinjani. lebih gokilnya lagi penduduk desa mempercayai bahkan sumber air panas di gunung rinjani bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

goa-susu-rinjani-pendakian-gunung-rinjani
Goa Susu

kalau ke sagara anak jangan lupa untuk berkunjung ke Goa susu. Goa susu merupakan goa yang mempunyai warna putih susu didalamnya. goa susu ini mempunyai keunikan karena mengalirkan 2 aliran air. ada air panas dan air dingin. namun favorit para pendaki biasanya akan melakukan spa di goa ini. untuk menikmati goa susu bisa ditempuh kurang lebih 2 km dari danau sagara anak. persis tepat di jalur Torean.

jadilah pendaki yang selalu mempunyai tanggung jawab
Dandy Siswandy

10 thoughts on “Berbagai keistimewaan Danau Sagara Anak

  • September 13, 2016 at 5:26 am
    Permalink

    Segara anak jadi impian yang mesti segera terwujud #Semangat
    Dulu pak harto kata nya suka mancing di sini, pake pesawat landing di segara anak

    Reply
    • September 14, 2016 at 6:58 am
      Permalink

      banyaak banget kak. ikannya disana asalkan pancingannya yang bener aja pasti dapet kok

      Reply
  • September 14, 2016 at 10:39 am
    Permalink

    Itu yang deretan nama mau dipasang di danau gak jadi kan ya? kalo dipasang rasanya gak alami lagi, kangeeen Rinjani

    Reply
    • September 14, 2016 at 12:47 pm
      Permalink

      deretan nama yang mana kak ? engga ngeliat nama nama yang dipasang perasaan kemarin

      Reply
  • December 8, 2016 at 10:11 am
    Permalink

    pernah naik ke rinjani tapi belum turun ke danau segara anak 🙁

    Reply

Leave a Reply