3 Tips Wajib Mendaki Gunung Untuk Pemula

Menuju Puncak Rinjani - 3 tips mendaki gunung untuk pemula
Tips Pendakian

Baru baru ini gue banyak menonton pemberitaan tentang kematian seorang pendaki dalam mendaki gunung dan kebanyakan dari mereka adalah orang yang baru pertama kali mendaki gunung. Penyebabnya pun beragam dari mulai kelelahan, kecelakaan hingga paling fatal karena kurangnya logistik selama pendakian. memang kegiatan hiking atau mendaki mempunyai berbagai resiko dan yang paling parah adalah kematian. namun sebisa mungkin kita meminimalisir untuk resiko resiko tersebut.

Memang untuk kegiatan mendaki gunung atau hiking saat ini sedang digemari khususnya para pemuda era millenial. tapi ada baiknya sebelum loe mendaki ke suatu gunung tanyakan dulu alasan untuk melakukan pendakian. apa karena hanya ingin mendapatkan foto foto keren ? atau untuk kegiatan pecinta alam ? atau bagaimana ?

Percayalah guys untuk kegiatan mendaki gunung itu sangat membutuhkan tenaga yang ekstra dan belum lagi mental yang kuat agar tidak menyerah serta menyusahkan sesama teman pendaki. Belum lagi harus menyiapkan persiapan peralatan dan logistik selama perjalanan. dan 1 hal lagi yang tidak kalah penting yaitu Tanggung Jawab sebagai seorang pendaki agar tetap menjaga kebersihan gunung dan tidak membuang sampah sembarangan.

kalau alasan loe hanya mau ikut ikutan saja dan mendapatkan foto yang bagus. mending cari tempat lain karena banyak tempat yang indah selain di puncak gunung. jangan sampai karena alasan yang kurang tepat rela untuk mendaki gunung yang super melelahkan dan mendapatkan hal hal yang tidak diinginkan selama pendakian.

Oleh karena itu jika masih ingin mendaki gunung ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mendaki gunung khususnya untuk para pendaki pemula. Berikut 3 tips wajib mendaki gunung untuk pemula.

Persiapan Fisik dan Mental Sebelum Pendakian Gunung - 3 tips mendaki gunung untuk pemula
Persiapan Fisik dan Mental by source
  • Persiapkan Fisik Dan Mental

Karena ketika loe mendaki gunung akan berjalan puluhan langkah bahkan ratusan dengan membawa barang bawaan logistik yang cukup berat yang biasanya hingga 10Kg lebih ditambah lagi dengan berjalan naik atau menanjak. pastinya fisik menjadi modal utama yang paling harus diperhatikan.

Dan mental yang kuat agar tidak menyusahkan orang lain dengan mengeluh, ngedumel dan sebagainya. karena teman sesama pendaki juga akan mengalami pressure yang hampir sama jadi jangan terlalu menambah beban untuk teman loe sendiri yaa.

Latih Fisikmu terlebih dahulu agar lebih siap dalam melakukan aktifitas berat seperti mendaki gunung agar otot otot badan tidak terlalu kaget ketika membawa beban yang berat dengan waktu yang cukup lama. dan tentunya meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

Cukup latih fisik loe selama 15 menit setiap harinya sudah cukup membantu menyiapkan fisik untuk persiapan mendaki gunung nantinya.

Perhatikan Cuaca Sebelum Pendakian
Perhatikan Cuaca by source
  • Perhatikan Cuaca Sebelum Mendaki Gunung

Jadikan cuaca sebagai pertimbangan sebelum mendaki gunung. Hindari mendaki gunung disaat cuaca sedang musim hujan biasanya terjadi dibulan november hingga febuari yang intensitas hujannya sedang lebat lebatnya. karena mendaki gunung saat musim hujan akan memiliki resiko yang sangat tinggi seperti dinginnya udara saat pendakian yang bisa menyebabkan kedinginan hebat atau hipotermia, tanah longsor saat dalam perjalanan pendakian serta badai di atas gunung yang memang sering sekali terjadi.

Salah seorang teman pernah bercerita tentang bagaimana dia hampir saja tewas karena badai ketika mau mencapai puncak gunung rinjani. Saat itu dia bercerita ketika sampai di puncak gunung rinjani yang seharusnya dia menikmati pemandangan yang super indah di puncak gunung rinjani mendadak cuaca langsung berubah dengan cepatnya.

Kabut disertai angin kencang dan derasnya hujan menjadikan pengalaman tersebut menjadi buruk dan hampir seluruh temannya mengigil kedinginan juga disaat saat seperti itu dia hanya mengingat kematian karena memang cuaca buruk tersebut. Untungnya saat itu tidak ada seorangpun yang meninggal dunia.

Baca juga : sejuta keindahan dan cerita saat pendakian gunung rinjani

Memang untuk cuaca saat ini sangat tidak bisa ditebak tapi alangkah baiknya kita memilih bulan yang sudah tidak memiliki intensitas hujan yang tinggi untuk menghindari dan mengurangi resiko seperti cerita diatas.

Ideal Group - 3 tips mendaki gunung untuk pemula
Ideal Group Pendakian
  • Berangkat Dengan Group Yang Lebih Banyak dan Perhatikan Persiapan Barang Dan Logistik

Jangan berangkat hanya dengan small group atau group kecil seperti berdua atau bertiga. lebih banyak lebih baik seperti berangkat saat pendakian minimal dengan 4 orang atau lebih dan minimal ada 1 orang yang sudah terbiasa mendaki gunung agar bisa mendampingi jika tidak ada seorang pun yang mempunyai pengalaman loe bisa siasati dengan menyewa seorang pemandu atau porter warga setempat yang sudah tahu medan pendakian gunung tersebut.

Mendaki gunung dengan lebih banyak orang lebih menguntungkan karena bisa saling support jika salah satu ada yang kelelahan atau sakit sehingga tidak terlalu panik karena ada beberapa teman yang bisa membantu. Bayangkan kalau loe mendaki hanya 2 orang. jika salah satu teman loe sakit mendadak dan loe belum mempunyai pengalaman cara menanganinya yang ada malah panik dan membahayakan perjalanan tersebut.

logistik - 3 tips wajib mendaki gunung untuk pemula
Logistik by source

Mempersiapkan barang bawaan seperti tenda, sleeping bag, matras, jas hujan, jaket tebal, head lamp serta logistik yang mencukupi selama pendakian. untuk barang bawaan seperti tenda dan matras bisa didiskusikan dengan group siapa saja yang akan membawa tetapi untuk sleeping bag, jaket dan jas hujan wajib dibawa masing masing sendiri. serta logistik harus diperhitungkan dengan matang matang supaya cukup.

Perhatikan jumlah orangnya dan perhitungkan berapa lama berada di gunung hingga turun. lebih baik kelebihan logistik dibandingkan kekurangan karena loe membutuhkan makanan untuk mengisi tenaga yang selalu terkuras saat pendakian. karena akan sangat berbahaya kalau logistik loe habis di tengah tengah pendakian gunung dan tidak ada satupun yang bisa membantu.

Sebenarnya banyak sekali persiapan untuk pendakian gunung tetapi 3 tips wajib  diatas adalah pokok dari kebutuhan kegiatan pendakian. So perhatikan ketiga tips diatas khususnya untuk pemula agar tidak terjadi lagi pendaki pendaki pemula yang tewas digunung hanya karena kelelahan apalagi hanya karena kekurangan logistik.

 

Tentukan Alasannya, Lalu Lakukanlah

Dandy Siswandy

 

 

 

23 thoughts on “3 Tips Wajib Mendaki Gunung Untuk Pemula

  • February 22, 2017 at 11:38 am
    Permalink

    Gue pernah nanjak Merbabu pas musim hujan, bro. Wkwkwk. Aslik nanjak pake ponco itu ribet banget! Terus pas turun dong, medannya curam tapi berlumpur. Tanah medhok gitu. Bhay

    Reply
  • February 27, 2017 at 5:28 am
    Permalink

    wah bisa bahaya ya kak kalau misal kekurangan tenaga ekstra sedangkan pendakian masih jauh. Ternyata mental juga sangat penting dipersiapkan sebelum mendaki.

    Reply
    • February 28, 2017 at 4:27 am
      Permalink

      bukan kekurangan kak tapi kelelahan. sebenernya tinggal istirahat saja baru jalan lagi pelan pelan

      Reply
  • February 27, 2017 at 2:03 pm
    Permalink

    Cuaca sih paling penting! Mendaki waktu ujan itu ribet, apalagi buat pendaki fotografer. Gak banyak yang bisa diabadikan kalau cuaca kurang bagus sih~

    Reply
  • March 2, 2017 at 10:53 am
    Permalink

    Kalau saya ini udah tinggal mimpi. Naik perbukitan dikit aja, telingan langsung terasa budeg.
    Padahal, dulu inginmenaklukkan satu puncak gunung 😀

    Reply
    • March 2, 2017 at 4:05 pm
      Permalink

      haha… iya mba mending jangan cape banget sumpaah. kadang kalau lagi dalam pendakian nyesel ngapain naik gunung. tapi kalo udah dibawah diajakin naik gunung malah mau lagi ??

      Reply
  • March 6, 2017 at 8:08 am
    Permalink

    Kau terakhir nanjak tuh tahun 2014, aku masuk kategori pemula lagi urusan daki gunung 😐
    Kangen nanjaaak

    Reply
  • March 12, 2017 at 5:17 am
    Permalink

    Hallo Dandy,

    Terima kasih share tipsnya.
    Waktu itu saya pernah ke perbukitan Baduy Dalam saja itu udah lelah banget sih hahah.
    Harus mikir ulang sebelum mutusin untuk naik gunung beneran ^^

    Reply
    • March 12, 2017 at 6:34 am
      Permalink

      hahaha…. memang kak soalnya cape banget. saya aja kadang nyesel kalo udah dipertengahan gunung

      Reply
  • March 20, 2017 at 3:22 am
    Permalink

    Aku sering ditanya, lebih suka pantai atau gunung. Aku jawabnya gunung, tapi seumur-umur aku belom pernah mendaki *menatap lemak di perut.

    Reply

Leave a Reply