3 makanan yang harus dicoba di samarinda, Kalimantan Timur

kalau ngomongin kalimantan timur pasti tidak terlepas dari kota samarinda. gimana tidak ! kota samarinda adalah ibukota di propinsi ini namun samarinda ini masih jarang dilirik oleh para traveler dan lebih banyak memilih kepulauan derawan. padahal banyak sekali wisata wisata yang bisa di eksplore dan membahana di kota samarinda ini. dimulai dari wisata alam, kuliner hingga wisata budaya yang memiliki ciri khas tersendiri pastinya. #akusukasamarinda

Kota samarinda adalah kota yang ditempati paling banyak oleh penduduk di kalimantan timur dibandingkan dengan kota kota lainnya. dan Jembatan mahakam bisa gue bilang sebagai salah satu landmark kota samarinda ini karena jembatan mahakam ini menghubungkan antara kota samarinda dengan samarinda seberang yang melewati sungai terbesar di kalimantan timur yaitu sungai mahakam.

Jembatan mahakam khas samarinda
Sungai mahakam by wikipedia

kalau gue pergi ke suatu tempat yang baru hal yang paling gue cari dari tempat tersebut adalah Makanannya ! di kota samarinda ini buanyaaakk banget makanan yang endeesss, lezaaaat, dan wajib loe coba kalau loe berkunjung ke kota samarinda. dan tentunya memiliki rasa dan ciri khas tersendiri dibandingkan kota kota lain di indonesia walaupun makanannya bisa loe temukan di tempat tempat makan di kota lain tapi Percaya deh broo makan di tempat asal makanan tersebut lebih enaaak dan engga ada duanya #cirikhas #taktergantikan

berikut 3 makanan yang wajib dicoba kalau loe berkunjung ke kota samarinda. rasanya ? Simak aja dulu broo !

1. Ayam Cincane

Ayam Cicane Kuliner Khas Samarinda
ayam cincane khas samarinda taken by pasedap.xyz

kalau dilihat ayam cincane ini seperti ayam disambelin biasa seperti masakan masakan rumah namun ayam cincane ini dilumuri oleh bumbu cincane khas samarinda yang membuat berwarna kemerahan dan pilihan daging ayam kampung yang bercampur padu membuat kuliner khas samarinda ini menjadi sangat gurih dan maknyossss ! ayam cincane ini bisa loe temui di beberapa tempat makan yang tersebar di kota samarinda. awalnya ayam cincane ini jarang bisa loe temui dan rasakan karena ayam cincane ini merupakan sajian yang biasa disajikan hanya ketika ada acara acara tertentu seperti pesta pernikahan atapun pesta menyambut kehadiran tamu kehormatan. #spesial

memang di indonesia banyaak sekali olahan berbahan dasar ayam seperti di lombok dengan ayam taliwang serta di bali dengan ayam betutunya dan begitu juga dengan kota samarinda ayam cincane ini seperti makanan primadona di samarinda. Rasanya ? loe coba sendiri aja deh. nanti ngiler lagi kalau gue ceritain.

2. Nasi Kuning Khas Samarinda

nasi kuning kuliner atau makanan khas samarinda
nasi kuning samarinda taken by liburandulu.com

haaah ? cuma nasi kuning ? engga salah broo ? yaaap bener. loe engga salah kok yang salah tetep laki-laki cuma penyajian dari nasi kuning serta komposisi dalam porsinya. nasi kuning khas samarinda ini berbeda dengan sajiannya biasanya. kalau biasanya nasi kuning di sajikan dengan taburan ayam, tempe orek, dan bihun. di kota samarinda nasi kuning disajikan dengan serundeng dan daging ikan gabus atau yang biasa disebut ikan haruang oleh penduduk lokal kota samarinda.

dan uniknya, di kota samarinda nasi kuning bisa loe temukan kapanpun alias nasi kuning khas samarinda ini tersedia dalam 24 jam. engga percaya ? loe bisa dateng ke lambung mangkurat dan loe bisa temukan penjual nasi kuning baik itu pagi, siang, sore ataupun malam.dan hebatnya lagi lambung mangkurat sudah dijadikan landmark kuliner secara resmi oleh pemkot samarinda.

Check aja langsung Lokasinya disini :

3.  Bubur ayam Banten

bubur ayam banten khas samarinda
Bubur ayam banten taken by http://www.jack-kuliner.blogspot.com

loh…loh…loh… ini kan lagi ngomongin samarinda kenapa jadi nyambung ke banten yaa ? sabar…sabar ! bubur ayam banten ini hanya namanya saja banten namun kuliner ini tetap milik kota samarinda. sama saja seperti nasi kuning tadi bubur ayam juga ada banyak di kota kota lain di indonesia tapi bubur ayam banten ini memiliki rasa yang engga kalah nikmat dengan kuliner khas samarinda lainnya.

memang sekilas sajian bubur ayam banten ini seperti soto bening pada umumnya. namun ini bener bener bubur kok. bubur ayam banten ini dimasak dengan cara langsung dicampur dengan bumbu yang membuat rasanya gurih gurih nyoooy. untuk penyajian bubur ayam ini biasanya disajikan dengan kuah dan disatu padukan dengan ayam suwir, telur rebus, irisan daun bawang, tomat dan seledri dan disempurnakan dengan emping goreng. tempat yang gue rekomendasikan untuk merasakan sensasi bubur ayam banten ini adalah Komp. Prefab di Jalan Harmonika tepatnya di depan kantor Bapedalda. soal rasa ? dateng aja yee.. takut nanti ke bayang bayang lagi.

di kota samarinda ini sebenernya banyak lagi wisata kuliner yang menggugah selera dan tentunya dengan ciri khas rasa samarinda sendiri seperti soto banjar, ayam banjar, sate banjar dan gado gado kemuning. soal gado gado biasanya disantap ketika disiang hari di kota kota lain di indonesia namun di kota samarinda gado gado kemuning dijadikan seperti makanan untuk sarapan dan biasanya sebelum jam 10 makanan tersebut sudah tidak tersisa. apalagi belinya di Jalan Kemuning (belakang Mall Mesra Indah). *halahpromo*

masih ngebayangin ? ngiler juga ? mending loe dateng langsung kesana buat nyobain berbagai wisata kuliner khas kota samarinda. buat rencana bersama teman teman atau orang yang loe cintai yang suka jalan bahkan mencari makanan yang unik dan endeess. explore lebih dalam kota samarinda mengenai wisata lainnya.

4 thoughts on “3 makanan yang harus dicoba di samarinda, Kalimantan Timur

  • October 12, 2016 at 1:30 am
    Permalink

    Buka pilihan makanan lalu ngiler lihat gambar Ayam Cincane! Salah waktu nih nyasar pas di waktu jelang makan pagi namun meja makan kosong melompong. >.<
    Nice share bro, jadi tahu keunikan kuliner khas Samarinda. 😀

    Reply

Leave a Reply