Taman Safari Bogor : Cara Mengenal Satwa Lebih Dekat

taman-safari-cisarua-bogor
Satwa di Taman Safari Bogor

Taman Safari Bogor – Sudah lama bangeeet buat gue untuk berkunjung ke taman safari indonesia yang terletak di kawasan Puncak, Bogor. Terakhir dan pertama kali masuk ke taman safari bogor ketika gue masih di SD (Sekolah Dasar) itupun ketika acara perpisahan karena acara kelulusan. selebihnya sering bermain ke daerah puncak tetapi lebih sering berkunjung ke tempat lain seperti halnya ke curug cilember, curug naga, telaga warna bogor dan lain lainnya. sampai akhirnya gue kangen mau main dan mau tahu apa aja yang ada di taman safari indonesia yang terletak di bogor saat ini.

akhirnya buat rencana untuk jalan seminggu sehabis lebaran kebetulan ngambil jatah cuti dan ngajak beberapa sahabat gue tapi seperti biasa yang akhirnya yang jalan juga hanya ada si aji teman backpacker ketika ke bali. memang susah mengajak teman yang mempunyai hobi yang berbeda. gue berangkat di hari kamis pagi karena gue sudah mengira kalau di kawasan puncak untuk bermain ke taman safari bogor di hari weekends ( Sabtu – Minggu ) pasti sangat padat terlebih lagi macet dan akan diberlakukan hanya satu jalur saja, #langsunglelah So waktu yang tepat untuk ke taman safari menurut gue adalah weekdays ( Senin – Jumat ) selain tidak macet pengunjung juga tidak terlalu berjubel atau ramai. #recommended

Pemberangkatan ke Taman Safari Bogor

gue berangkat ke taman safari bogor menggunakan motor dari bekasi menuju puncak bogor melewati jalur Bantar Gerbang — Cibinong — Jl. Raya Bogor. ketika loe sudah sampai di Jl. Raya Bogor loe bisa mengikuti jalan lurus terus sampe ujung dan mentok ke puncak bogor. Alamat lengkap taman safari bogor ini terletak di  Jl. Raya Puncak 601 kabupaten bogor, Jawa Barat.

Perjalanan dari Bekasi sampai ke taman safari bogor bisa menghabiskan waktu sekitar 2 jam perjalanan. setelah sampai gue harus membayar tiket masuk taman safari bogor sebesar Rp 150,000.-/orang. ini sudah termasuk 10 wahana gratis yang bisa gue nikmati.

Berikut harga tiket masuk taman safari bogor tahun 2016 :

Safari Siang

Safari Siang Domestics (Rp)  Mancanegara (Rp)
 Dewasa (6 th ke atas)  150.000,-  300.000,-
 Anak-anak (1-5 th)  140.000,-  250.000,-

Safari Malam

Safari Malam Domestics (Rp)  Mancanegara (Rp)
 Dewasa (6 th ke atas)  150.000,-  300.000,-
 Anak-anak (1-5 th)  140.000,-  250.000,-

karena gue menggunakan motor jadi gue harus memarkirkan kendaraan motor gue dan naik bus tur dari pengelola taman safari bogor. untuk bus tur dari taman safari selalu ada setiap 15 – 30 menit jadi kita harus sedikit menunggu kedatangan Bus tur untuk menikmati satwa di alam liar.

gue tidak bisa menggunakan motor ke taman safari ini karena satwa satwa yang ada di taman safari bogor dilepas di alamnya termasuk binatang buas seperti singa, harimau, cheeta dan sebagainya jadi akan sangat amat berbahaya kalau tiba tiba loe nyerobot masuk. karena gue kesini mau mengenal dan liburan bukan jadi santapan satwa satwa buas jadi gue selalu patuhi aturan ! #akuselalupatuh #janganmelanggar

Taman Safari Bogor- Indonesia

baru duduk sebentar di tempat tunggu. bus tur taman safari sudah tiba segera gue dan aji naik ke dalam bus yang disediakan pengelola taman safari bogor dan Aroma Petualangan pun sudah mulai tercium #lebay #najis ???

Bus Tur taman safari bogor
Bus Tur

di dalam bus tur gue bisa melihat satwa satwa mulai dari gajah, banteng, badak, rusa hingga satwa satwa buas seperti singa, harimau bengal, harimau sumatera berlalu-lalang di sepanjang jalan. dan kendaraan-pun harus berhenti ketika satwa satwa tersebut ada di depan kendaraan mobil #janganditabrak! loe harus perlahan-lahan sambil menikmati pemandangan satwa liar di alam terbuka.

Safari Siang
Mulai Bersafari

 

gajah di taman safari bogor
Gajah Kecil

 

Si Gemuk Pemalas
Si Gemuk Pemalas ???

Kalau di area satwa satwa yang tergolong tidak buas banyak pengunjung yang membuka jendelanya untuk memberi makan wortel yang dijual sepanjang jalan menuju Taman safari cisarua bogor sehingga tidak jarang satwa satwa tersebut mengikuti kendaraan kita dan meminta makanan lagi #dikasihnambah???

tapi disitu malah banyak pengunjung yang bisa selfie dan groupie bareng satwa satwa tersebut. jujur aja gue agak iri karena driver bus turnya membawanya agak cepat jadi gue engga diberi kesempatan untuk ngasih makanan wortel ke satwa satwa yang ada di taman safari indonesia ini. #selalupatuhaturan

Kumpul Banteng di taman safari bogor
Bukan Kumpul Kebo tapi Kumpul Banteng

karena sang driver yang membawa bus turnya agak cepat jadi untuk mengambil foto foto satwa-pun jadi agak sulit. saran gue yang membawa DSLR atau Mirorless agar mensetting kamera dengan High shutterspeed sehingga foto foto satwa tidak blur dan tetap tajam.

unta di taman safari bogor
Unta

 

unta putih taman safari
Unta Putih

 

unta coklat taman safari bogor
unta coklat-hitam

tidak lama kemudian ada tulisan “segera tutup jendela hati mobil anda karena anda akan memasuki kawasan mantan hewan buas”. naah pas memasuki hewan buas seperti singa, harimau bengal, cheeta dan sebagainya penting untuk tidak membuka jendela sedikitpun agar aman dan tidak terjadi apa apa. kalau ingin mengambil foto cukup ambil dari dalam mobil tidak perlu membuka jendela mobil karena itu sangat dilarang dan berbahaya tentunya #akubukansantapan

singa di taman safari indonesia
Keluar mobil  ? i eat you yaa !

 

harimau sumatera taman safari bogor
Yuuuk Tiduurr

 

harimau-bengal-di-taman-safari-bogor
Perbincangan santai para harimau

setelah memasuki area satwa harimau kita memasuki kawasan badak bercula

Badak bercula di taman safari bogor
Badak Bercula dua

loe lihat culanya ? bahaya banget kan di seruduk gue jamin langsung tewas tapi tetep lebih berbahaya manusia sih. karena manasia penyebab utama kerusakan alam.???

lebih baik bersahabat dengan siapapun termasuk dengan alam dan hewan. karena jika kita bersahabat semua akan mendapatkan keuntungan masing masing. kan kasihan kalau hanya satu pihak saja yang diuntungkan namun merusak dan memusnahkan yang lainnya #pecintaalam #pecintasatwa

pawang gajah taman safari bogor
Pengendara Gajah

lagi asik asik ngelihat berbagai macam binatang tiba-tiba ada seekor gajah yang menghampiri bus kami dengan seorang pawang taman safari bogor. dan serunya lagi gajah ini supeeer pandai bro kalau kita kasih makanan seperti wortel dia akan langsung ngambil dengan belalainya dan kalau kita ngasih duiiit langsung di ambil juga sama belalai gajahnya tapi duitnya engga di makan melainkan dikasih ke pawang yang menunganginya #keren #pawangsukauang #gajahdimanfaatkanpawang ???

gue ngelihatnya jadi pengen naik gajah juga dan memang di taman safari bogor ini menyediakan fasilitas untuk menungangi gajah di area amusement park dan dikenakan biaya Rp 250.000.-/2orang. karena si aji engga mau jadi gue batal menungangi gajah impian ???

Amusement Park – Taman Safari Bogor

sudah sekitar 30 Menit akhirnya gue dan aji sudah sampai di tempat taman hiburan atau amusement Park taman safari bogor. disana loe bisa rekreasi dan menikmati berbagai macam pertunjukan seperti elephantshow & trail, cowboys show, dolphin show, Bird of prey, death globe dan tempat berfoto bersama anak singa, harimau, orang hutan di baby zoo area, wahana hysteria seperti di dufan hingga curug jaksa. dan kalau ingin menikmati pemandangan dari ketinggian bisa menaiki kereta gantung di amusement taman safari bogor ini. So disini sebenernya menurut gue sudah all in one #gokil #keren #akusukatamansafari

tempat pertama yang gue kunjungi ketika sampai di amusement park adalah baby zoo area sebenernya gue dan aji agak bingung mau kemana dulu secara amusement park taman safari bogor terbilang luas. baby zoo tempat pertama yang gue kunjungi karena merupakan tempat paling dekat dengan pemberhentian bus tur gue.

baru masuk gue sudah disapa oleh binatang kecil dan gesit serta ada beberapa kanguru

baby-zoo-taman safari bogor
Sepertinya kita ada chemistry

kita bisa berfoto bareng satwa satwa kecil ini di baby zoo serta ada beberapa satwa di area baby zoo yang  dimasukkan ke dalam rumah kaca biasanya hewan yang agak buas seperti anak cheeta, kucing emas dan sebagainya.

baby zoo area taman safari bogor
eksis bareng anak harimau

di area baby zoo ini kita juga bisa berfoto dengan harimau, singa, orang hutan dan sebagainya namun dengan usia yang masih relatif kecil atau masih bayi. untuk harga foto dengan anak anak satwa ini dikenakan biaya sebesar Rp 20.000.-/orang.  walaupun harimaunya bayi tetep aja temen gue si aji dek…dek..kan takut tiba tiba diterkam oleh si dedek harimau ini. padahal kan Imuuttt tahu !!???

Satwa di taman safari bogor
ngasih makanan dulu baru mau di foto !

di baby zoo area taman safari bogor juga ada tempat berbagai macam burung mulai dari burung beo, Pelikan, kakatua dan sebagainya dengan berbagai warna yang berbeda dan cantik.

setelah puas melihat sekeliling baby zoo area akhirnya gue keluar dan ingin melihat pertunjukan Harimau.

Pertunjukan Taman Safari Bogor

Pentas harimau dengan pawang taman safari indonesia bogor
Pertunjukan Harimau Bersama 3 Pawang

ngelihat pertunjukan harimau ini keren banget bro karena harimau menunjukkan beberapa kemampuannya beratraksi seperti memanjak, melompat, berdiri dan sebagainya. dan terlihat si harimau dan si pawang sudah begitu akrab sehingga bisa padu melakukan beberapa atraksi apalagi ketika gue ngelihat kakak pawang cantik yang paling depan harimau memanjat itu sedikit membuat kaget. so pelajaran pertama yang gue dapet kalau di kejar harimau jangan manjat pohon percuma. yang harus loe lakukan hanya  Berdoa agar bisa berkenalan dengan sang pawang cantik! salah salah yang bener adalah Berdoa agar bisa selamat??? #gagalfokus #pawangcantik #pawangcantiktamansafaribogor #akusukapawangcantik #langsungditerkamharimau.

pertunjukan burung pemangsa taman safari bogor
Bird Of Prey

sehabis pertunjukan harimau gue menuju ke tempat pertunjukan bird of prey atau burung pemangsa disini di tunjukan beberapa atraksi seperti bagaimana burung pemangsa menangkap mangsanya dan lain lain. burung yang ditampilkan adalah burung hantu, burung elang dan sebagainya.

sehabis pertunjukan bird of prey gue ke tempat pinguin sebentar dan langsung menuju ke tempat pertunjukan cowboys taman safari bogor.

Pertunjukan Cowboys taman safari bogor
Pertunjukan Cowboy

pertunjukan cowboys ini gokil banget dengan set tempat yang sangat keren seperti terasa di set film film cowboys. di pertunjukan cowboys taman safari bogor ini menceritakan beberapa bandit yang menculik seorang wanita dari sebuah suku dan mengacaukan sebuah wilayah atau tempat serta merampok sebuah bank untungnya ada seorang detektif yang tingkahnya konyol dan lucu tetapi mampu mengalahkan para bandit dengan ide ide konyolnya tersebut. kalau nonton pertunjukan cowboys ini gue jamin seru dan kocak ???

Pertunjukan Globe Of Death
Globe Of Death

engga jauh dari tempat pertunjukan cowboys gue ke tempat pertunjukan Globe Of Death yang mempertunjukan atraksi motor yang berputar putar di bola besi pertunjukan ini sangat berbahaya kalau tidak dilakukan oleh para professional karena di bola besi tersebut pengendara motor berputar putar bahkan hingga 360 derajat dan dilakukan bukan hanya 1 atau 2 pengendara saja melainkan 4 pengendara motor professional. kalau sedikit saja melakukan kesalahan akibatnya akan sangat fatal bagi pengendara lainnya.

pertunjukan lumba lumba
Pertunjukan Lumba Lumba

sepertinya pertunjukan lumba lumba ini adalah pertunjukan yang paling di tunggu tunggu oleh pengunjung taman safari bogor. karena memang lumba lumba ini sangat lucu dan pintar. mereka bisa menghitung penambahan,pengurangan, perkalian, dan bahkan pembagian. ketika pertunjukan ada salah satu lumba lumba yang menghitungnya salah dan tahu apa yang terjadi. lumba lumba yang lainnya mentertawakan lumba lumba yang salah menghitung and it’s so cute bro ???

dan tempat terakhir yang gue kunjungi di taman safari bogor ini adalah curug jaksa yang berada di ujungnya taman safari bogor. dari tempat pertunjukan lumba lumba loe bisa berjalan sekitar kurang lebih 500 meter untuk menuju curug jaksa. sebenernya ketika gue kesana curug jaksa ini sudah tutup sekitar pukul 5 sore tetapi karena masih banyak pengujung akhirnya gue memutuskan untuk melanjutkan perjalanan dan menikmati curug jaksa sebagai penutup liburan gue di taman safari bogor

curug jaksa taman safari bogor
curug jaksa gate

 

curug jaksa taman safari bogor
curug Jaksa

kalau gue dateng sedikit agak siang mungkin gue udah mandi dibawah curug jaksa. airnya sangat dingin dan membuat segar tentunya. nyesel deh kalau engga main air disini pokoknya.

naah setelah di air terjun jaksa ini gue  bener bener di uji kekuatan kaki soalnya gue balik engga ada kereta keliling taman safari bogor karena memang sudah terlalu sore dan akhirnya mau engga mau jalan dari ujung ke ujung taman safari bogor untuk balik ke tempat jemput bus tur taman safari dan balik ke parkiran #langsunglelah

gue ke taman safari bogor ada rasa kurang kepuasaan karena gue belum menikmati dan menjelajahi seluruh taman safari bogor. dan sepertinya memang agak mustahil untuk di jelajahi dalam waktu 1 hari paling enak kita menginap caravan di taman safari bogor dan besoknya bisa mengekplore kembali seluruh tempat di taman safari. tapi overall taman safari bogor sangat oke banget apalagi untuk jalan jalan bersama keluarga. #akusukatamansafari

 

Mengenal dan Menjaga satwa
adalah tugas kita sebagai manuasia

Dandy Siswandy

7 thoughts on “Taman Safari Bogor : Cara Mengenal Satwa Lebih Dekat

  • August 31, 2016 at 7:32 pm
    Permalink

    aku jadi inget waktu praktek di taman safari, mungin skarang sudaha bda ya , sudah banyak yang ditambah

    Reply
    • September 1, 2016 at 2:59 am
      Permalink

      iya banyaak banget yang ditambah kak. yang coming soon ada panda juga.

      Reply
  • September 2, 2016 at 6:58 am
    Permalink

    Lumayan mahal yaaa ternyata 300 rebu (Eh Gw Mancanegara lho #laluDikeplak)
    Kalo mau mengenal kamu lebih dekat, kena biaya masuk ngak ???

    Reply

Leave a Reply